Terapkan 5 Tips Ini Selama Menjalani Program Diet Sehat

 
   Tips Untuk Menjalani Diet Sehat - Pada dasarnya diet memiliki tiga konteks tujuan yakni untuk menurunkan berat badan, meningkatkan berat badan dan pantangan terhadap suatu penyakit. Kali ini kita akan lebih memfokuskan pada poin yang pertama. Umumnya jika kita mendengar kata diet, kita akan berpikir tentang suatu upaya yang membatasi porsi makan kita. Asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar karena diet memiliki maksud untuk mengatur atau mengontrol asupan seseorang agar tetap terjaga kecukupan nutrisinya. Di samping itu, diet juga merupakan suatu upaya untuk menghindari makanan yang berpotensi menggangu sistem metabolisme dalam tubuh. 

   Cukup tidaknya nutrisi sangat dipengaruhi sesuai dengan massa tubuh orang tersebut. Jadi diet bukanlah membatasi kebutuhan pangan anda melainkan membantu anda menjaga kebutuhan asupan dengan cara yang benar. Ketika anda terlalu membatasi pola makan anda dengan hanya makan satu kali dalam sehari maka hal ini akan membuat sistem metabolisme dalam tubuh anda semakin melambat.

    Kita tahu sistem metabolisme yang sehat akan berpengaruh pada pembakaran lemak secara optimal. Apabila kita masih bertahan dengan kebiasaan seperti ini, tentu akan beresiko terhadap penumpukan kadar lemak yang berlebih didalam tubuh. Jangan heran, kalau kita banyak mendengar keluhan mengenai kegagalan dalam menjalani diet dan tidak sedikit pula yang mendapati tubuhnya semakin "membengkak" setelah sekian lama menjalani program diet. Untuk itu kekeliruan seperti ini harus segera ditinggalkan dari program diet kita. Lalu bagaimana sebenarnya kiat menurunkan berat badan yang baik dan benar? Inilah beberapa kiatnya.

Tips Sehat Menurunkan Berat Badan

1. Sarapan

   Jangan pernah melewatkan waktu sarapan sebab sarapan pagi begitu penting sebagai bekal kita mendapatkan sumber energi di pagi hari. Ketika tidur tubuh kita mengalami penurunan kadar gula secara drastis. Maka dari itu, kita diharuskan memberikan bekal yang cukup bagi tubuh di pagi hari agar fungsi tubuh bekerja optimal. Perbekalan yang cukup sebelum memulai aktivitas anda akan mengurangi kemungkinan anda untuk ngemil sembarangan di lingkungan luar.
 
   Sarapan pagi juga bermanfaat bagi keseimbangan metabolisme tubuh sehingga kita terhindar dari berbagai penyakit lambung seperti maag. Kita setuju bahwa maag merupakan salah satu penyebab timbulnya rasa lapar tak terduga. Mulailah sarapan dengan makanan sehat seperti, roti, telur, salad, sayur, susu dan buah-buahan. Hindari makanan berlemak dipagi hari jika anda sedang menjalani diet.

2. Intensivitas dan Porsi Makanan

  Untuk menjalani diet kita harus terlebih dahulu membuang jauh-jauh tentang persepsi yang mengatakan bahwa diet itu berarti tidak makan. Apakah anda sering menemui seseorang atau bahkan teman anda sendiri yang memiliki tubuh langsing meski dengan nafsu makan yang tinggi? Hal ini sangat wajar terjadi karena makan sekitar 5-6 sekali dengan porsi sedikit lebih baik dibandingkan kebiasaan kita yang hanya makan sekali namun dalam jumlah yang besar.

   Lambung dan usus kita membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses makanan dengan porsi besar, ketika organ ini sudah tidak sanggup mencerna makanan tersebut, yang terjadi adalah penumpukan lemak. Sebaliknya, kinerja lambung akan lebih ringan kalau kita makan dengan porsi yang sedikit meskipun kita makan lebih dari 5 kali sehari. Di sarankan makanlah sesuai kondisi perut anda tapi batasi porsi makanan tersebut dan di imbangi dengan kualitas asupan yang sehat. Jangan lupa pula, jauhi asupan pemicu kegemukan seperti cemilan, kafein, alkohol dan soda.

3. Cukupi Nutrisi

   Lemak dan karbohidrat tetap menjadi bagian dari kebutuhan tubuh anda. Walaupun anda sedang menjalani diet usahakan anda tetap mampu mencukupi apa yang tubuh anda butuhkan. Lemak contohnya, tidak semua lemak bersifat jahat seperti halnya manusia, lemak juga ada yang baik terutama bagi tubuh kita. Namun dimana kita bisa mendapatkan makanan yang mengandung lemak baik? anda bisa menemukannya dari minyak zaitun, ikan salmon, buah alpukat dan lain-lain. Sementara itu, untuk makanan berkarbohidrat anda bisa menemukannya pada umbi-umbian, oatmeal, gandum dan lain-lain. Tugas kedua kandungan ini adalah untuk membantu mengangkut nutrisi ke seluruh jaringan tubuh.

4. Minum Air Putih

  Mungkin anda akan merasakan kenyang lebih cepat ketika makan anda terlalu sering diselingi dengan minum air putih. Saat anda merasa porsi makanan yang sedikit tidak mampu mengobati rasa lapar anda, maka anda dapat melakukan trik yang satu ini. Dengan begitu anda sudah bisa menjalani tips pada poin ke 2. Merasa kenyang karena minum bukanlah kejadian yang terjadi akibat dari sugesti. Hal ini beralasan karena air yang kita minum bermanfaat terhadap kelancaran sistem metabolisme tubuh kita. Metabolisme yang lancar, lebih mampu menyerap makanan dengan baik dan tentu kita akan merasakan energi yang lebih melalui proses tersebut. Minumlah air putih minimal 6 gelas dalam satu hari.

5. Olahraga

    Diet tidak akan pernah berhasil secara maksimal tanpa dikombinasikan dengan aktivitas olahraga didalamnya. Ibarat makan, tentu kita membutuhkan minuman sebagai pelumasnya. Begitu juga olahraga, lemak sisa dari proses metabolisme jangan pernah kita simpan terlalu lama. Hendaknya lakukanlah olahraga untuk membakar lemak tersebut agar tidak menumpuk didalam tubuh. Tapi hindari olahraga terlalu cepat selepas makan karena tujuannya akan berubah sebab berolahraga sehabis makan akan membakar karbohidrat bukan lemak. jika anda tetap berolahrga setelah makan maka yang anda dapatkan bukan kebugaran tubuh tapi malah lemaslah yang akan anda dapat.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Terapkan 5 Tips Ini Selama Menjalani Program Diet Sehat"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)