4 Cara Jitu Untuk Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah


   
Cara Mengatasi Kulit Kering - Wajah berminyak bukanlah satu-satunya masalah yang sering di keluhkan oleh banyak orang terutama bagi wanita. Selain wajah berminyak, masalah lain yang sering dialami oleh kaum hawa adalah wajah kering. Masalah ini tidak bisa dianggap enteng karena sesungguhnya kulit kering merupakan salah satu gangguan kesehatan yang disebut dengan iktiosis. Apa itu Iktiosis? dalam dunia medic, iktiosis adalah gangguan yang disebabkan oleh hilangnya kelembaban lapisan kulit epidermis.

   Kulit kering pada wajah otomatis akan membuat wajah terlihat lebih kusam dan kasar. Inilah kenapa kebanyakan kaum hawa tidak mau tinggal diam dengan kondisi ini. Bagi wanita yang sadar akan kondisi kulitnya pasti akan segera mencari tahu untuk mengatasi kulit kering.

    Umumnya, kulit kering akan dialami ketika usia seseorang telah menginjak setengah baya. Namun karena faktor polusi di dunia serba modern seperti sekarang ini tidak sedikit yang telah mengalami gejala kulit kering di usia muda. Jika hal tersebut sudah anda alami, ada baiknya anda mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut agar anda terhindar dari penuaan dini.

   Jangan biarkan gejala seperti ini mengganggu keindahan kulit wajah anda. Untuk mengatasi kulit wajah kering bukanlah sesuatu yang susah asalkan anda tahu apa saja penyebabnya.

Penyebab Kulit Wajah Kering
  • Pemakaian sabun dan deodorant merupakan penyebab hilangnya lapisan lemak dan mineral didalam kulit. Gunakanlah sabun yang memiliki kandungan pelembab.
  • Berada didalam ruangan ber-AC (air conditioner) terlalu lama akan menurunkan kelembaban pada kulit.
  • Terlalu sering mandi dengan air panas bisa merusak lapisan lemak di permukaan kulit. Seperti kita tahu, lapisan lemak inilah yang berperan sebagai pelembab alami terhadap kulit.
  • Sering terpapar sinar matahari pada waktu siang akan membuat kulit kehilangan kelembabannya.
  • Cuaca juga berpengaruh terhadap kelembaban kulit karena cuaca ekstrim pasti menurunkan kelembaban kulit khususnya di musim dingin.
Apabila anda belum yakin dengan kondisi kulit anda, mari kita lihat apa saja kriteria atau ciri-ciri kulit kering berikut ini.
  • Mudah gatal karena iritasi.
  • Posri-pori kecil.
  • Kulit sensitif terhadap deterjen.
  • Terdapat garis-garis halus tipis di wajah.
  • Wajah terasa kasar dan kusam.
Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah

1. Madu

   Khasit madu untuk mengatasi kulit kering memang sudah tak terbantahkan lagi. Bagaimana tidak? seperti yang kita tahu madu memiliki banyak kandungan mineral penting yang dibutuhkan oleh kulit dan tubuh seperti magnesium, natrium, zat besi dan kalium. Sebenarnya anda bisa menggunakan madu ini langsung ke wajah anda namun untuk hasil yang optimal anda perlu menyiapkan beberapa bahan sebagai berikut :
  • madu 2 sdm
  • minyak bergamot 2 tetes
  • minyak lavender 1 tetes
  • cocoa butter 2 sdm
Campurkan seluruh bahan diatas kedalam satu wadah lalu poles ke wajah anda secara menyeluruh.

2. Minyak Zaitun

   Sahabat dekat madu yang satu ini adalah bahan alami yang akan kita manfaatkan selanjutnya. Saya katakan sahabat dekat karena kedua bahan ini sering disandingkan dengan tujuan yang sama. Tidak mau kalah dengan kandungan yang dimiliki madu, minyak zaitun juga memiliki banyak kandungan seperti trigliserida, oleic acid, tokoferol. Senyawa fenolik dan vitamin E. Contoh kecil kandungan tersebut sangat baik terhadap kesehatan kulit terutama pada bagian wajah. Jika anda tertarik mencoba khasiat olive oil ini anda bisa menerapkannya dirumah. Caranya campurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan cuka apel yang telah diberi sedikit air. Setelah tercampur oleskan pada wajah secara merata. Lakukan aktivitas perawatan ini sebelum anda tidur.

3. Mentimun

    Mengingat khasiat mentimun bagi kulit sangat banyak, sayuran yang satu ini sering dijadikan sebagai salah satu bahan pembuatan produk kosmetik. Tidak hanya menyegarkan, mentimun juga dapat memulihkan kembali kesegaran kulit anda. Di dalam satu buah mentimun kaya akan serat, anti oksidan, karoten, vitamin C, vitamin A, zea xanthin dan lutein yang berguna untuk pencegahan penuaan dini pada kulit. Anda hanya perlu dua bahan untuk mengaplikasikan khasiat mentimun diwajah anda yakni pisau dan mentimun itu sendiri. Potong tipis mentimun dan tempelkan disetiap celah wajah anda secara menyeluruh, diamkan minimal 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

4. Putih Telur

    Baik kuning maupun putih telur sebenarnya sama-sama memiliki manfaatnya masing-masing. Seperti kaum adam misalnya, lebih memanfaatkan kuning telur sebagai suplemen energi mengembalikan semangat setelah seharian bekerja. Namun bagi wanita putih telur lebih berguna sebagai media perawatan wajah karena memang putih telur mampu memutihkan, mencerahkan, mengencangkan, melembabkan dan membersihkan wajah mereka. Untuk mengurangi bau pada telur ketika dijadikan masker, anda bisa menggunakan alpukat sebagai campurannya. Caranya cukup mudah yakni dengan mencampur putih telur ayam kampung dengan gilingan daging buah alpukat yang sudah halus. Jika sudah siap oleskan racikan tersebut pada wajah anda secara menyeluruh. Setelah mengering bilas menggunakan air hangat dan netralkan dengan air dingin.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "4 Cara Jitu Untuk Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)