Fakta Menarik dan Unik Seputar Otak Manusia

 
   Fakta Unik Otak - Berbicara mengenai otak, Tidak sedetik pun aktivitas keseharian kita luput dari peranan otak. Contoh terdekat untuk membuktikan hal tersebut, bisa anda lihat ketika anda membaca kalimat pertama pada postingan ini. Bagi masyarakat awam, fungsi otak seringkali di identikan dengan proses berfikir. Saya tidak punya masalah dengan hal tersebut, akan tetapi perlu kita ketahui otak memiliki fungsi lebih dari itu.

    Kita sepakat bahwa otak yang sedang kita gunakan saat ini memiliki volume setidaknya 1.350 cc dan didalamnya terdapat lebih dari 100 juta sel syaraf atau neuron. Dengan fakta tersebut, pantaslah jika otak memegang kendali penuh atas sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi organ tubuh. 

   Ibarat panglima, otak merupakan sebuah pusat untuk memberikan komando terhadap seluruh aktivitas tubuh. Tidak heran bila otak disebut-sebut sebagai organ tubuh yang paling bertanggung jawab didalam kehidupan manusia. Ketika otak "mogok" kerja selama satu detik saja, hal ini akan membuat seluruh fungsi organ berhenti seketika, jika sudah demikian maka bisa dipastikan jiwa dan raga kita telah dinyatakan mati total.

   Sadar akan begitu pentingnya peran otak terhadap kelangsungan hidup manusia, otak selalu menjadi suatu hal yang menarik untuk di bahas. Ketertarikan ini pun cukup dirasakan oleh para ilmuwan, mereka begitu tergelitik untuk terus menggali cara kerja otak hingga sekarang. Namun, usaha tersebut belum bisa membuat mereka mengerti bagaimana cara kerja otak yang sebenarnya. Dalam hal penyelesaian masalah, otak melakukan tugasnya dengan begitu misterius dan sampai saat ini ilmuan dan saintis belum mampu menjelaskan kemisteriusan tersebut.

   Dengan segala keunikan dan kemampuannya, sulit jika harus membandingkan otak dengan benda apapun dimuka bumi termasuk komputer super sekalipun. Kapasitas memori yang tertanam didalamnya diketahui mencapai 38 ribu trilliun GB perdetik dan mampu menyimpan memori sebesar 3.854 terabyte, tentunya hal ini sulit ditandingi oleh komputer yang notabene dibuat oleh otak kita sendiri. Selain fakta menarik mengenai kapasitas otak tersebut sebenarnya masih banyak keunikan lain yang mungkin belum kita ketahui. Beberapa diantaranya bisa kita lihat sebagai berikut.

Fakta Menarik Tentang Otak

1. Otak Tidak Bisa Merasakan Sakit

   Percayakah anda dengan pernyataan ini? mungkin sebagian besar diantara anda tidak begitu percaya akan hal ini sebab kalau memang otak tidak bisa merasakan sakit lalu kenapa kita masih merasakan sakit dibagian kepala?. Sebenarnya rasa sakit tersebut tidak muncul pada otak melainkan ditimbulkan oleh tekanan di jaringan saraf dan pembuluh darah di seputaran otak. Masih belum yakin? mari kita ulas lebih lanjut. Otak didesain hanya mampu bereaksi terhadap rasa sakit pada bagian tubuh lain sedangkan otak sendiri tidak memiliki sama sekali reseptor rasa sakit. Maka dari itu jangan heran jika anda pernah mendengar seseorang menjalani operasi otak dalam keadaan sadar.

2. Kecepatan Distribusi Informasi Mencapai 241 Kilometer/jam

   Setiap bagian tubuh manusia dilengkapi dengan neuron yang berfungsi sebagai "alarm". Saya menganalogikan neuron tersebut sebagai alarm karena ketika kita merasakan sakit pada bagian tubuh tertentu, dengan sangat cepat neuron mengirim informasi pada otak. Kecepatan pengiriman informasi ini diketahui mencapai 241 Km/jam. Lintasan pengiriman informasi tersebut akan melewati tulang belakang sebelum akhirnya sampai ke pusat sistem saraf yakni otak. Saat informasi telah diterima, otak akan membalas informasi tersebut ke neuron dengan kecepatan tidak kurang dari 322 km/jam.

3. Otak Mengandung Listrik

   Untuk poin ketiga ini anda tidak perlu membuktikan langsung karena fakta ini telah dibuktikan oleh para saintis sebelumnya. Agar mudah difahami, saya yakin ketika masih kecil anda sering melihat film animasi bukan? pada kesempatan tertentu beberapa tokoh animasi sedang berfikir dan ketika dia menemukan ide, kita akan melihat lampu kecil terang diatas kepalanya. Serupa dengan adegan animasi tersebut, nyatanya sebuah fakta menunjukkan bahwa pada saat kita terjaga, otak kita bisa menghasilkan listrik yang mampu menyalakan bola lampu kecil. Dengan fakta tersebut pula, akhirnya saya mengerti kenapa adegan ini muncul pada kebanyakan animasi.

4. Perkembangan Otak

   Kenapa sewaktu masih bayi, kita belum bisa berbicara, berjalan dan melakukan aktivitas lainnya? alasan paling mudah untuk menjawab pertanyaan ini adalah "namanya juga masih kecil". Ya.. mungkin benar juga tapi mari kita lihat penjelasan logisnya. Salah satu keunikan otak manusia adalah karena kemampuannya untuk berkembang. Semasa masih bayi otak belum begitu berfungsi dengan baik. Seiring berjalannya waktu, otak kita terus menunjukkan kematangannya sehingga memungkinkan kita untuk belajar mengenal banyak hal. Sel-sel didalam otak perlu dirangsang terus menerus dengan cara belajar, karena jika tidak akan membuat sel tersebut mati. Otak manusia tidak berhenti berkembang sampai usia kita menginjak 40 tahun.

5. Otak Manusia yaarng Terbesar

   Dibandingkan dengan makhluk lain, manusia memiliki otak yang paling besar. Kok bisa? lalu otak hewan besar seperti gajah mau dikemanakan? Dalam hal ini, yang dimaksud sebagai yang terbesar adalah perbandingan berat otak dengan ukuran tubuh. Berbeda dengan manusia, otak pada gajah sangat tidak sebanding dengan ukuran tubuhnya. Inilah kenapa otak gajah masih tergolong kecil untuk mengendalikan tubuhnya tersebut. Melalui berbagai survei terhadap bobot otak, ilmuan berkesimpulan bahwa otak manusia memiliki berat rata-rata sekitar 1,365 kilogram. Sebagai hewan yang dianggap cerdas, lumba-lumba memiliki berat otak hampir sama dengan manusia. 

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.