11 Gejala Awal Penyakit Jantung yang Wajib Anda Kenali

 
   Gejala Penyakit Jantung - Seiring berkembangnya zaman, penelitian telah banyak dilakukan untuk mengenal ciri-ciri gejala awal penyakit jantung. Penelitian ini dilakukan terhadap berbagai klasifikasi usia diantaranya dimulai dari remaja, dewasa, lansia bahkan bayi sekalipun. Keseriusan dilakukannya penelitian tersebut mengindikasikan begitu bahayanya penyakit jantung terhadap keselamatan jiwa kita. Dengan berbagai penilitian tersebut tentu akan membuat banyak orang mewaspadai setiap perubahan yang terjadi pada tubuhnya.

    Sebelum kita di diagnosa mengidap penyakit jantung, memang sudah semestinya bagi kita untuk mewanti-wanti hal mengerikan ini. Pengetahuan yang cukup mengenai gejala penyakit jantung penting agar kita bisa mengambil langkah tindakan jika saja sewaktu-waktu gejalanya mulai kita rasakan. Apalagi Penyakit yang satu ini bisa dialami oleh siapapun dan kapanpun. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mengakibatkan kompilasi penyakit-penyakit yang lain. Untuk itu diperlukan penanganan yang tepat dan cepat agar tidak menyebabkan hal yang demikian.

    Akan sangat bijak apabila anda memilih untuk tahu terlebih dahulu apa saja gejala-gejalanya. Jika anda telah mengetahui berbagai gejala yang mungkin timbul sebaiknya jangan pernah untuk mengabaikan segala sesuatu yang anda anggap sebagai tanda-tanda atau sinyal peringatan dari tubuh anda tersebut. Cukup sulit untuk mendiagnosa gejala penyakit jantung maka dari itu diperlukan kerjasama dengan tenaga yang lebih ahli

Kenali Gejala Penyakit Jantung Sedini Mungkin

1. Merasakan Sakit Kepala.

   Menurut penelitian yang dipaparkan oleh American Academy of Eurologi, sakit kepala yang timbul pada penderita penyakit jantung disebabkan oleh penyimpanan sirkulasi darah. Pengaruh ini bisa mengakibatkan pada kinerja jantung melambat atau malah cepat. Sakit kepala hebat penyakit jantung bisa membuat penderitanya jatuh pingsan. Denyut jantung abnormal serta aliran darah yang tidak optimal menjadi penyebabnya.

2. Nyeri Dada
   
   Gejala ini merupakan gejala yang paling umum dalam hal mengindikasikan seseorang terkena penyakit jantung. Meski demikian gejala rasa nyeri pada dada bukan hanya ada di penyakit jantung saja. Untuk memastikan hal ini ada baiknya kita mewaspadainya  dengan memeriksakan diri ke dokter atau minimal berkonsultasi dengan tenaga ahli. Sebenarnya nyeri yang timbul diakibatkan oleh tersumbatnya arteri yang menggangu distribusi darah keseluruh bagian tubuh.

3. Mudah Lelah.

    Dalam dunia medis mudah lelah disebut fatigue. Gejala ini akan sering dirasakan oleh para calon penderita penyakit jantung. Bagi orang awam rasa lelah hanya akan ditanggapi sebagai penyebab dari kurangnya istirahat, persepsi tersebut bisa saja benar akan tetapi kelelahan yang ekstrim bisa dikatakan sebagai gejala awal penyakit jantung. Ketidak berdayaan tubuh dalam melakukan aktivitas normal tanpa banyak beban akan semakin memperkuat gejala ini. Jika sudah demikian, jangan lagi anggap itu sebagai faktor kurang istirahat. Tentukan tindakan anda sesegera mungkin.

6. Merasa Mual.

   Nafsu makan menurun mengakibatkan perasaan mual berkelanjutan. Hal ini terjadi akibat dari terjadinya pembengkakan pada bagian abdomen (perut). Apabila gejala ini mulai anda rasakan jangan berpikir itu hanya sebuah gejala masuk angin. Pergilah ke puskesmas atau rumah sakit, tubuh anda berhak untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan.

7. Sesak Nafas.

    Penebalan pada otot jantung dan kelainan katup jantung akan berpengaruh terhadap pendistribusian aliran darah ke seluruh tubuh tidak merata akibatnya denyut jantung menjadi tidak stabil. Di samping itu rongga udara dalam paru-paru mulai kemasukan air akhirnya yang terjadi adalah gejala sesak nafas. biasanya beberapa hari sebelum divonis sebagai penderita gejala ini mulai dirasakan.

8. Rasa Cemas.

  Bagi penderita jantung yang telah mengalami serangan jantung akan merasakan trauma yang membuat penderita merasa tegang, cemas, dan ketakutan. Rasa cemas semacam ini harus dihindari. Karena inilah menjadi pemicu terjadinya serangan jantung. Ketika cemas aktivitas dan denyut jantung otomatis akan meningkat maka dari itu saya mengajurkan anda untuk tetap tenang bila sewaktu-waktu rasa cemas menghampiri anda.

9. Gangguan Tidur.

    Kesulitan tidur ini bukanlah dikarenakan insomnia atau semacamnya. Gangguan ini sering melanda penderita penyakit jantung, hal tersebut terbukti berdasarkan survey terhadap sejumlah wanita pengidap penyakit jantung dan hasilnya 50 persen diantaranya menyatakan mengalami gangguan tidur beberapa hari sebelum mereka divonis mengidap penyakit jantung.

10. Bengkak di Beberapa Bagian Tubuh.

   Seseorang yang telah mengalami gagal jantung tubuhnya akan bereaksi dengan tertumpuknya cairan didalam tubuh. Gejala ini sangat jelas terlihat pada beberapa bagian tubuh anda seperti perut, kaki, dan pergelangan kaki. Inilah alasan mengapa berat badan naik secara tiba-tiba namun nafsu makan menurun.

11. Batuk Berdarah.

    Apa penyebab terjadinya batuk berdarah? batuk berdarah ini terjadi karena adanya akumulasi cairan dari dalam paru-paru. Fenomena batuk berdarah tidak diawali dengan tanda apapun melainkan rasa ingin batuk. Jangan heran kalau anda mendapati hal serupa padahal anda dalam keadaan sehat walafiat. Bergegaslah ke dokter jika anda baru pertama kali mengalami hal semacam ini.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "11 Gejala Awal Penyakit Jantung yang Wajib Anda Kenali"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)