Inilah 5 Manfaat Tidur Siang Terhadap Kualitas Hidup Anda

   
   Manfaat Tidur Siang - Setujukah anda jika saya katakan bahwa tidak ada aktivitas yang lebih menyenangkan daripada tidur? Saya yakin banyak diantara anda setuju akan hal tersebut. Tidur merupakan aktivitas normal yang sangat rutin dilakukan oleh setiap orang. Tujuan utamanya adalah untuk mengembalikan kebugaran dan stamina.

    Bisa dikatakan, tidur merupakan suatu hak tubuh yang harus kita penuhi. Setelah seharian meladeni nafsu dan berbagai keinginan kita, tubuh perlu diistirahatkan agar bisa menemukan kesegarannya kembali. Seperti kebanyakan makhluk hidup lainnya, manusia juga banyak menghabiskan waktu tidur pada malam hari.

    Tapi apakah kita diperbolehkan tidur diluar waktu malam tersebut? tentu saja boleh. Salah satu waktu yang baik untuk tidur adalah pada siang hari. Permasalahnnya, kita seringkali enggan tidur pada waktu tersebut karena takut dicap sebagai sosok yang pemalas dan kurang produktif. Mungkin stigma semacam ini benar adanya, namun tidak sepenuhnya tepat. Jika dilihat dari berbagai manfaatnya, justru dengan tidur pada siang hari akan meningkatkan produktivitas seseorang.

   Tidur siang tidak selalu identik dengan anak-anak, lansia, dan penderita insomnia. Nyatanya, anda bisa mencoba tidur di siang hari dalam beberapa kesempatan. Ditengah padatnya pekerjaan pada waktu yang sama setiap hari, membuat otak menemukan titik kejenuhannya begitu pula dengan organ tubuh yang lain. Jika sudah berhubungan dengan pekerjaan dan karir, dalam masalah ini diperlukan kebijakan anda untuk menentukan mana hak, kewajiban dan keinginan. Dari ketiga hal tersebut, ada baiknya anda tidak mementingkan pada satu poin saja.

   Mungkin jika ditanya mengenai kewajiban, anda sudah pasti akan menjawab professionalitas dalam bekerja. Dan jika ditanya mengenai keinginan, sudah pasti anda punya banyak keinginan yang ingin dicapai melalui kerja keras anda. Agar seimbang, mari kita lihat sejauh mana manfaat tidur siang sebagai hak tubuh anda berikut ini.

5 Manfaat Tidur Siang Terhadap Kualitas Hidup Anda

1. Meningkatkan Daya Ingat

    Dulunya saya tidak percaya dengan ucapan orang tua yang mengatakan bahwa tidur siang bisa membuat kita lebih pintar. Seiring berjalannya waktu, saya mulai sadar bahwa ucapan tersebut bukanlah omong kosong belaka. Entah dari mana asumsi ini didapat yang pasti penelitian pada tahun 2008 yang lalu telah membuktikan kebenaran ucapan tersebut. Mereka menyatakan, dengan tidur siang tidak lebih dari 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak. Daya ingat seseorang bisa menjadi salah satu modal untuk menjadikannya tumbuh cerdas.

2. Mencegah dan Menghindari Stress

   Seperti penjelasan pada uraian sebelumnya, otak kita akan menemukan titik jenuh sehingga berpotensi menimbulkan stress. Perlu diingat, stress menjadi salah satu sumber pemicu penyakit berbahaya seperti jantung dan gangguan syaraf. Agar hal ini tidak terjadi, alangkah baiknya kurangi beban otak ditengah padatnya pekerjaan kita dengan cara tidur siang. Anda tidak butuh waktu yang lama untuk memulihkan kinerja otak anda. Cukup dengan waktu beberapa menit saja anda sudah bisa menjalani aktivitas secara optimal.

3. Meningkatkan Kewaspadaan

   Kebanyakan orang lebih memilih mengkonsumsi kafein untuk bisa kembali "melek". Sebenarnya ada cara lain yang lebih sehat agar mata kita tetap terjaga yakni dengan tidur siang 20 menit. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang 20 menit lebih efektif dibandingkan 200 mg kafein dan olahraga. Metode ini banyak dianjurkan kepada pilot sebelum take off. Biasanya, mereka diizinkan untuk sekedar tidur siang selama kurang lebih 25 menit. Hal ini terbukti berguna untuk meningkatkan kewaspadaan pilot selama penerbangan.

4. Meningkatkan Kreativitas dan Fungsi Indera

   Sejalan dengan pulihnya kinerja otak selepas tidur siang, otomatis dapat memungkinkan kita menemukan ide-ide baru untuk meningkatkan kreativitas. Tidur siang nyatanya memiliki efektifitas yang sama dengan tidur malam. Disamping itu, tidur siang pun bisa meningkatkan persepsi sensorik sehingga tidur siang dan malam memiliki kesejajaran dalam hal peningkatan fungsi indera. Hal ini telah dipaparkan oleh seorang ilmuwan napologist, Sara Mednick C.

5. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

   Kelebihan hormon kortisol merupakan akibat dari kurang tidur. Hormon tersebut dikenal sebagai hormon stress yang berguna membantu kita merespon anggota tubuh. Ketika hormon kortisol mengalami kelebihan, hal ini dapat meningkatkan intoleransi glukosa, menurunkan sistem otot, dan mengurangi kekebalan tubuh. Beberapa efek dari kelebihan hormon kortisol tersebut akan menyebabkan resiko penyakit jantung dan diabetes semakin meningkat. Maka dari itu cukupkan waktu tidur anda meski hanya sebentar.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.