Berikut 5 Cara Mudah Mengatasi Insomnia Secara Ampuh

 
   
   Cara mengatasi insomnia - Obat kantuk adalah tidur, lalu bagaimana kalau sulit tidur, apa yang akan kita lakukan untuk mengatasinya? Inilah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Sulit tidur atau yang dikenal dengan insomnia merupakan fenomena kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan kualitas tidur. Tersangka utama penyebab gangguan ini adalah akibat dari adanya gangguan dalam mekanisme dan waktu tidur serta stress berkepanjangan. Kerusakan mekanisme tidur bisa terjadi karena kurangnya penerapan gaya hidup sehat pada individu penderita insomnia itu sendiri seperti pola tidur yang tidak teratur, terlampau sering begadang atau kebiasaan konsumsi yang buruk.

   Setujukah anda jika saya katakan bahwa insomnia dapat menghambat produktivitas anda? apapun status dan profesi anda baik itu mahasiswa, ibu rumah tangga, pengajar, sopir atau lainnya, saya yakin anda setuju akan hal tersebut. Besar kecilnya masalah yang ditimbulkan oleh gangguan insomnia hanya bisa dirasakan oleh penderita itu sendiri. Mahasiswa misalnya, insomnia bisa menjadi salah satu penyebab kenapa nilai pelajaran menurun drastis. Sedangkan sopir, insomnia sangat dihindari karena bisa membahayakan keselamatan diri maupun penumpangnya. Kesimpulan penyebab insomnia tersebut sebenarnya hanya berfokus pada dua poin yaitu lelah dan rasa kantuk yang tidak teratasi. Selain menimbulkan lelah dan kantuk sepanjang hari, jangka panjang insomnia juga dapat berpengaruh pada kesehatan.

   Seperti yang telah disebutkan diakhir paragraf diatas, gangguan insomnia tidak bisa dianggap enteng karena hal ini akan begitu berpengaruh pada kesehatan. Dalam beberapa kasus, insomnia diketahui dapat menyebabkan anemia atau kekurangan darah. Padahal kita tahu, anemia akan mempengaruhi kinerja otak dan singkat cerita organ tubuh pun ikut merasakan dampaknya Hal ini merupakan satu contoh kecil akibat dari mulai terganggunya keteraturan aliran darah. Meski efek gangguan tidur belum bisa dipastikan berapa lama namun sebuah penelitian dari jurnal circulation menunjukkan bahwa penderita insomnia juga memiliki 27 - 40% resiko terkena serangan jantung.

   Melihat sederet pengaruh dan dampak buruk insomnia diatas, banyak cara yang bisa kita upayakan untuk mecegah atau mengatasi masalah ini, salah satunya dengan meminum obat tidur. Akan tetapi, untuk mengobati sesuatu, sebisa mungkin hindari pengobatan yang mengandung efek samping. Kenapa? karena tujuan utama kita adalah mengatasi bukan menimbulkan masalah baru. Baiklah, sebelum anda semakin frustasi dengan insomnia, persilahkan saya mengajak anda untuk menjelaskan sedikit bagaimana cara mengatasi insomnia dibawah ini.

Cara Mudah Untuk Mengatasi Insomnia

1. Olahraga teratur

   Banyak asumsi yang berkembang dimasyarakat bahwa agar bisa cepat tidur lakukanlah olahraga kecil sebelum tidur. Asumsi seperti ini tidak sepenuhnya benar karena olahraga tidak akan membuat anda kecapekan melainkan anda akan terasa semakin bugar. Keletihan yang sesungguhnya adalah penurunan energi tubuh setelah kerja seharian. Untuk itu, lakukanlah olahraga sebelum anda memulai aktivitas dipagi hari. Dengan diawali olahraga, tubuh akan terpacu melakukan berbagai aktivitas hingga pada akhirnya menjelang malam anda bisa mendapatkan tidur berkualitas.

2. Cukupi kebutuhan tidur delapan jam sehari

   Menyinggung uraian diatas, saya yakin anda masih ingat bahwa gangguan insomnia bisa disebabkan oleh begadang? Setelah mengetahui penyebabnya, hal yang harus dilanjutkan adalah menghindari penyebab tersebut. Akan tetapi ini sulit dilakukan karena sebagian orang punya alasan kenapa memilih begadang. Iya, seperti kutipan perkataan bang Haji Rhoma "begadang boleh saja kalau ada perlunya". Memang dalam kadar waktu tertentu, begadang diperbolehkan Meskipun demikian anda tetap harus bisa memprioritaskan kebutuhan anda disela kewajiban profesi anda.

3. Tidak memaksa

   Sesuatu yang dipaksakan tidak selalu berhasil baik. Ibarat cinta, kemunculan rasa cinta itu datangnya secara alami. Ketika kita terlalu memaksa untuk mencintai, anda akan merasa gelisah dan selalu tidak tenang. Prinsip seperti ini juga berlaku pada tidur, dimana kita perlu ketenangan untuk memulai tidur. Beranjaklah ke tempat tidur anda lalu posisikan tubuh anda senyaman mungkin. Dengan begini anda akan merasakan kantuk datang dengan sendirinya.

4. Kurangi Minuman Bersifat Stimulan

   Agar upaya anda berhasil maka anda harus menghindari kebiasaan buruk anda yang bisa menggagalkan rencana anda. Salah satu kebiasaan buruk tersebut adalah kebiasaan mengkonsumsi minuman bersifat stimulan. Maka dari itu usahakan hindari minuman yang dapat membuat mata anda terus terjaga seperti kopi, teh ataupun rokok.

5. Jauhkan Gadget

   Iya, sebaiknya anda menjauhkan gadget dari tempat tidur. Menenteng atau meletakkan gadget ke tempat tidur merupakan salah satu kebiasaan buruk masyarakat modern saat ini sebab gadget bisa membuat anda tidak fokus untuk beristirahat. Gadget tidak hanya aka mengganggu tidur, tetapi juga dapat menggangu organ dalam kita lainnya terutama otak serta memicu penurunan fungsi organ-organ seksual karena adanya radiasi yang dihasilkan oleh telpon genggam ataupun gadget yang lain.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.