Rahasia Sukses Pengusaha Top Dunia

   
   Rahasia Sukses Pengusaha Top Dunia - Banyak alasan untuk menjadikan kita seorang wirausahawan, ditengah ketatnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di indonesia seakan mendesak kita untuk mengalah dari persaingan tersebut. perekonomian menuntut penghasilan tidak sekedar cukup, dibutuhkan pemasok tambahan agar kita bisa memenuhi keinginan bukan hanya kebutuhan. memilih mengalah dari kompetisi bukanlah pilihan buruk.

   Peningkatan populasi di Indonesia tidak sebanding dengan lowongan pekerjaan, haruskah kita tetap memilih bersaing sementara masih banyak pengangguran bergelar sarjana? faktanya sebanyak 45,19 persen penduduk bekerja di tahun 2015 didominasi oleh mereka berpendidikan SD kebawah sementara itu hanya 8,29 persen lulusan sarjana yang bekerja. Bisa dilihat pendidikan bukanlah tolak ukur untuk berproduktifitas tapi mereka yang tidak takut keluar dari zona nyamanlah yang lebih dominan.

   Kita tidak harus menjadi pegawai pemerintah untuk punya peran di Indonesia sebab dengan menjadi pengusaha berarti kita telah membantu perekonomian dalam negeri. Saya ambil contoh terdekat yakni negara kecil Singapura, Minimnya Sumber daya alam di negara tersebut tidak serta merta membuat mereka menjadi negara miskin terbukti dengan kesadaran mereka akan dunia bisnis bisa mensejahterakan rakyatnya secara merata.

    Keberadaan pengusaha sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Ketika niat berwirausaha muncul artinya satu celah kecil terbuka untuk menciptakan lapangan pekerjaan baik bagi mereka berpendidikan tinggi maupun mereka yang kurang beruntung. Mengapa banyak orang enggan memulai usaha? jawaban simpelnya adalah sebab dalam dunia wirausaha tidak ada yang pasti. Keberanian dan ketepatan dalam mengambil resiko sebenarnya menjadi senjata ampuh untuk bisa sukses berwirausaha. Untuk meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri kita dalam memulai bisnis mari kita bongkar rahasia para pengusaha top dunia berikut.

 Bongkar 7 Rahasia sukses Pengusaha Top Dunia

 1. Mulai lebih cepat

  Tidak ada usia terlalu muda untuk memulai bisnis, Jika kita berani memulainya lebih cepat itu artinya kita siap mendapatkan kesuksesan lebih awal. Usia produktif seperti mahasiswa memiliki potensi yang besar dalam hal ini, masalahnya hanya pada bisa tidaknya mahasiswa tersebut memanage uang bulanannya.

 Seorang pengusaha sejati sangat tau kapan dia harus membelanjakan uang sebab dia bisa membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Jangan takut berbisnis di usia muda kalaupun anda gagal itu bukan masalah toh masa depan anda masih panjang. Jadikan pengalaman yang anda dapatkan menjadi penguat kepribadian anda. Sikap seperti ini bisa anda lihat dalam sosok diri Bill Gates yang telah memulai usaha dengan komputer sejak usianya baru menginjak 13 tahun.

2. Kemitraan

    Setiap perusahaan tentu memiliki mitra bisnis, Kemitraan di jalin tidak harus menunggu anda memiliki sebuah perusahaan, Bangun jiwa kemitraan anda sedini mungkin. Kenapa hal tersebut begitu penting? karena lewat kerjasama kita bisa mendapatkan banyak peluang. Pilihlah orang-orang yang anda anggap bisa memberikan pengaruh besar terhadap kesuksesan anda. 

   Sebesar apapun persaingan di dunia usaha anda harus pandai mengubah makna kata lawan menjadi kawan anda. Pentingnya kemitraan sangat disadari oleh pendiri sekaligus penemu Facebook seperti Mark Zuckerberg. Ide dan kemampuan yang Ia miliki untuk menciptakan situs jejaring sosial facebook tidak dijalaninya sendiri melainkan bersama dua teman sekelasnya ketika masih berstatus mahasiswa di Universitas Harvard. 

3. Berhenti Menunda

    Kemampuan mutlak yang harus dimiliki oleh pengusaha tentu adalah kreativitas, dengan kreativitas pelakon usaha bisa memunculkan ide-ide cemerlang untuk bisnis maupun calon usahanya akan tetapi seberapapun cemerlangnya ide tersebut hanya akan menjadi omong kosong jika anda tidak merealisasikannya. Persaingan tidak mengenal kompromi jika anda lambat bertindak maka anda pasti akan tertinggal. 

   Contoh kecilnya adalah Saat anda sering menunda-nunda waktu untuk bangun dari tidur. Ketika anda melakukan hal buruk tersebut, tentu anda akan tertidur lebih lama sedangkan pesawat sebentar lagi sudah akan berangkat. Tidak ada pesawat yang mau menunggu anda bangun untuk bisa lepas landas .semuanya tergantung anda, Hargai waktu dan berhentilah menunda-nunda. Mungkin Mark Zackerberg bisa saja bersantai di usia mudanya tapi dia sadar menunda satu hal kecil berarti telah menunda banyak hal yang lebih penting.

4. Boss Bagi Diri Sendiri

    Hal apapun tanpa sosok pemimpin pastinya akan berantakan, Satu hal yang harus anda sadari yaitu anda merupakaan "BOSS" (pemimpin) bagi diri anda sendiri. Kita tahu dengan adanya seorang pemimpin, sebuah perusahaan akan lebih teratur namun sebelum anda benar-benar menjadi BOSS bagi perusahaan anda kelak, anda harus membiasakan diri menjadi Boss bagi diri sendiri. Buatlah aturan dan terapkan aturan tersebut dikehidupan sehari-hari. 

   Jangan pernah sekalipun anda langgar peraturan yang telah dibuat. Anggap kepribadian anda sebagai bawahan lalu kesunguh-sungguhan anda sebagai Boss. Dengan begini hidup anda lebih teratur dan anda dinyatakan siap untuk menangani sebuah perusahan anda sendiri nantinya. Apakah anda pikir Steve Jobs mampu menjadi pemimpin untuk perusahaan Apple ciptaannya tanpa adanya kemampuan memimpin untuk dirinya sendiri? Mari kita pikirkan hal tersebut.

 5. Menekuni apa yang di sukai

    Jangan anggap remeh dengan apa yang anda sukai, bisa jadi itu merupakan jalan kesuksesan anda. Banyak pengusaha top dunia bisa sukses karena berawal dari kegemaran atau kesukaan mereka. Bukan hanya sekedar suka, mereka justru menekuninya sehingga bisa menjadi ladang bisnis menjanjikan. Seperti steve jobs kecil misalnya, ia sangat menyukai peranti dan dia mulai menyadarinya ketika remaja lalu terus menekuninya hingga terciptalah Apple.

  Maka dari itu penting bagi anda untuk mengenali apa yang anda sukai. Jika sudah kenal tentu anda akan cinta terhadap hal tersebut. Tidak ada pekerjaan yang lebih baik kecuali bekerja terhadap apa yang kita sukai. Ubahlah kesukaan itu menjadi sebuah produk bernilai ekonomis dipasaran. Anda bisa membuat buku jika anda hobi menulis atau mungkin membuat game jika anda seorang gamers. Apapaun kesukaan anda Kata kuncinya ada pada tekun dan suka.

 6. Perioritaskan proses bukan hasil

    Hasil bukanlah satu-satunya tujuan utama, Demikian halnya mendapatkan gelar sarjana, berbisnis juga perlu yang namanya proses. Jika kita hanya memikirkan hasil tanpa proses, hal ini tidak akan berakhir baik. Ketika kita lebih berorientasi hasil ketimbang proses, akibatnya banyak kita temui di zaman sekarang seperti jual beli ijazah. Kenapa kita harus mementingkan proses dibandingkan hasil?karena dengan adanya proses kita bisa belajar dan menambah pengalaman.

  Kesuksesan tidak datang secara instan, tentu perlu ada proses didalamnya. Dengan begitu kesuksesan akan bertahan lebih lama, alasannya karena kita tahu bagaimana menangani ketika datangnya masalah lewat pengalaman yang kita dapatkan sebelumnya. Dari sekian banyak kisah pengusaha sukses top dunia yang saya baca, tidak satupun yang mendapatkan kesuksesannya tanpa di latar belakangi kisah atau proses yang panjang. Kita berkesimpulan proses dibutuhkan dalam hal apapun termasuk apabila anda ingin memulai bisnis.

7. Optimis

    Jika anda berpikir jalan anda akan mulus tanpa halangan buang jauh-jauh pemikiran tersebut . Saya maksudkan optimis adalah bukan berpikir positif agar perjalanan anda mudah akan tetapi anda diharuskan optimis bisa melewati segala macam bentuk jalannya. Saya kira anda tidak akan pulang ketika anda melihat lautan didepan anda sedangkan pulau tujuan anda ada di seberang sana. 

   Apapun cara anda melewati lautan tersebut yang pasti anda harus optimis bisa sampai ke pulau impian anda. Bayangkan jika pulau yang saya maksud merupakan kesuksesan yang anda idam-idamkan tentu anda tidak akan mau kalah hanya karna ada laut membentang di hadapan anda bukan? Sayangnya kesuksesan tidak dapat dilihat seperti laut jadi anda diharuskan berusaha tanpa berujung. Kesuksesan hanya bisa dilihat ketika anda merasakannya sendiri.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.