Ingin Memulai Bisnis Tanpa Modal? Berikut Jenis Usaha yang Bisa Anda Pilih


    Bisnis Tanpa Modal - Apa mungkin, bisnis tanpa modal itu bisa menghasilkan pendapatan yang besar? pertanyaan semacam ini sangat sering saya jumpai terlebih lagi bagi saya sebagai anak kost. Tuntutan keinginan seringkali tidak sejalan dengan isi dompet dan inilah permasalahan mendasar yang dialami hampir kebanyakan anak kost. Mungkin, uang bulanan dari orang tua lebih dari cukup untuk sekedar bertahan hidup. Tapi sayangnya, hal tersebut tidaklah cukup untuk memenuhi hasrat serta keinginan  anak muda seperti saya.

    Pola keuangan anak kost selama satu bulan sudah bisa kita tebak yakni hanya superior di awal bulan dan mulai keteteran di akhir bulan. Untuk merubah pola yang diyakini selama bertahun-tahun ini, tidak ada jalan lain bagi kita selain membangun jalan keluar dengan cara memulai bisnis. Kenapa demikian? karena kita tidak bisa terus menerus memanjakan keinginan kita dengan uang bulanan dari orang tua saja.

   Tapi persoalannya, untuk memulai bisnis kita memerlukan sesuatu untuk di jual, entah itu barang maupun jasa. Bagaimana mungkin kita bisa menjual barang dan jasa sedangkan kita tidak punya modal dan kemampuan? pertanyaan inilah yang seringkali menghambat seseorang dalam memulai bisnis. Percayalah bahwa bisnis tidak selalu memerlukan modal agar bisa berjalan tapi kemampuan merupakan hal yang mutlak jika kita ingin berbisnis tanpa modal.

   Jika anda bertanya kepada saya, mana yang lebih menjanjikan antara berbisnis tanpa modal dengan berbisnis menggunakan modal? maka saya akan menjawab sama-sama menjanjikan. Letak perbedaannya hanyalah pada cara mendapatkannya saja. Maksud saya begini, ketika anda ingin memulai bisnis menggunakan modal, itu artinya anda harus lebih dulu mengumpulkan uang untuk bisnis anda. Sebaliknya, jika anda memilih berbisnis tanpa modal, itu artinya anda tidak perlu mengumpulkan uang untuk menjalankan bisnis anda.

   Tujuan kita adalah, ingin berbisnis untuk mengumpulkan uang bukan mengumpulkan uang untuk berbisnis. Tujuan kita terjun ke dunia bisnis tidak ubahnya seperti dunia pendidikan di Indonesia. Maksud saya, beberapa sekolah memasang target kepintaran agar kita boleh belajar di sana. Dengan kata lain, kita harus terlebih dulu pintar agar bisa bersekolah. Lalu bagaimana kalau kita belum pintar? solusinya adalah mencari sekolah yang memiliki tujuan sama dengan kita yakni sekolah untuk pintar bukan pintar untuk sekolah.

   Masih membicarakan bisnis dengan perumpamaan sekolah, kesuksesan seseorang tidak di ukur dari dimana dia bersekolah melainkan dari orang itu sendiri dan demikian halnya dengan dunia bisnis. Jadi, jangan pernah takut untuk berbisnis apabila anda belum memiliki modal. Bisa dibilang, kesuksesan yang diraih oleh para pelaku bisnis tanpa modal merupakan sosok yang memulai karirnya dari ketiadaan. Tentu hal ini akan menjadi pencapaian yang sangat membanggakan bagi kita.

   Jenis bisnis apa yang cocok untuk kita yang akan memulai bisnis tanpa modal? dari sekian banyak jawaban, saya lebih menyarankan anda untuk memulainya melalui internet. Perkembangan internet yang begitu pesat telah membuka jalan bagi anda yang ingin menekuni dunia bisnis bahkan meskipun anda sama sekali tidak memiliki modal. Kemajuan ini hendaknya bisa kita manfaatkan seoptimal mungkin. Tidak sedikit orang yang mengeluh karena semakin sempitnya lapangan pekerjaan dan memang begitulah kenyataannya. Penyebab utama masalah tersebut adalah semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk. Nah, bagi mereka pelaku bisnis yang bergerak di dunia internet, ini merupakan hikmah yang luar biasa.

   Hikmah di balik menyempitnya lapangan pekerjaan akibat dari pertumbuhan penduduk di sadari betul oleh pelaku bisnis online. Mereka sadar bahwa bersaing di dunia nyata tidak lebih efektif jika di bandingkan dengan dunia maya. Tidak heran jika kita banyak melihat jasa yang mulai menggerakkan usahanya dalam bentuk online. Sekarang bagaimana kita bisa menjadi seperti mereka? anda hanya perlu menentukan apa yang menjadi passion anda, lalu barulah memulai semuanya. Berhubung passion saya suka menulis, seperti yang anda lihat saya lebih memilih menjadi blogger. Bagaimana dengan anda? jangan khawatir, bagi anda yang masih bingung, mungkin beberapa opsi dibawah ini bisa sedikit membantu anda.

Jenis Usaha Untuk Memulai Bisnis Tanpa Modal

1. Blogging

   Banyak sosok sukses yang bisa kita jadikan contoh di balik aktifitas blogging. Sekedar informasi, blog merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online. Jauh hari sebelum perkembangan internet, blog hanya digunakan sebagai fasilitas media untuk menyampaikan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan didalam postingan. Seperti yang kita lihat dan kita rasakan, kini blog telah menjadi sumber informasi seluruh dunia setiap harinya. Tidak mengherankan jika blog telah menjadi ladang efektif untuk mempromosikan sebuah banner. Dari pemasangan iklan inilah nantinya blog kita menghasilkan pundi-pundi uang.

   Di beberapa kesempatan saya sering menyebut blog dengan istilah mesin pencetak uang. Apa yang harus anda miliki untuk membuat, membangun dan mengelola sebuah blog? Apabila blog dibuat atas tujuan informasi maka koneksi internet, kemampuan menulis dan kerja keras pun sudah cukup bagi anda yang ingin memulai berbisnis tanpa modal lewat blog. Berapa pun penghasilannya, semua tergantung kerja keras anda selama proses membangun blog. Uang ratusan juta per bulan bukanlah suatu hal yang berlebihan jika anda benar-benar menekuni dunia ini.

2. Toko Online

   Apa anda berjiwa marketer? di usia muda seperti anda, wajib rasanya untuk mengasah kemampuan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan cara bergelut di dunia bisnis toko online. Bagaimana jika kita tidak punya satu produk pun yang bisa dijual di toko online tersebut? jawabannya adalah dengan cara menjual produk orang lain. Berbeda dengan opsi pertama diatas, kali ini kita perlu bekerja sama dengan si pemilik produk. Yang harus anda lakukan adalah mengoptimalkan toko anda agar banyak di kunjungi oleh pengguna internet.

   Sistemnya tidak jauh berbeda dengan penyedia lapak di pasar, kita yang menyediakan lapak, orang lain yang berjualan. Sekian persen dari penghasilan pemilik barang akan di bagikan dengan kita sebagai pemilik lapak dan itulah cara kita mendapatkan penghasilan. Untuk membuat lapak tersebut anda bisa memesan jasa pembuatan toko online di internet atau membuatnya sendiri melalui blog.

3. Menawarkan Jasa Via Online

   Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, dunia internet itu begitu luas. Hampir tidak ada yang mampu membendung kreativitas seseorang ketika sudah mengenal dunia internet. Jika anda suka pada satu passion saja semisal menulis, itu artinya ada banyak peluang usaha yang telah terbuka diantaranya menulis blog informasi, menjadi broker atau agen, menulis untuk website ternama, membuat buku elektronik dan lain sebagainya.

   Selain kemampuan tulis menulis, kemampuan lain seperti ilmu grafis pun bisa anda tawarkan via online. Kedua kemampuan tersebut hanyalah contoh kecil dari sekian banyak jasa yang bisa anda tawarkan sesuai passion anda. Anda kurang begitu yakin dengan opsi ke tiga ini? mungkin Nikasius Dirgahayu pemilik pangkas rambut online yang ber-omzet 15 juta perbulan bisa menjawab keraguan anda.

4. Menjual Foto Online

   Anda punya kamera dan memiliki hobi dengan dunia fotografi? jika iya, saya yakin anda punya banyak stok foto untuk di jual secara online. Terlepas dari professioanal atau tidak sebagai seorang fotografer, setidaknya anda perlu tahu sejauh mana hasil jepretan anda di hargai. Mulailah melihat hobi dari sisi komersil yang jauh lebih bermanfaat.

   Salah satu situs yang bersedia menampung foto anda adalah istockphoto.com . Di sana anda akan mendapatkan komisi sebesar 15 persen untuk setiap foto yang di download. Bahkan, komisi sebesar 45 persen siap anda kantongi jika anda menjadi exclusive contributor. Nah, apabila earning sudah mencapai 100$, barulah pembayaran akan dilakukan. Metode pembayarannya bisa melalui PayPal, Money Bookers, Master Card, Deposit langsung, dan Cek. Bagaimana, anda tergiur?

5. Menjadi Youtuber

   Jika anda mencari berbisnis tanpa modal yang menyenangkan, maka menjadi youtuber adalah solusinya. Terlebih bagi anda yang suka dengan dunia editing video, youtube bisa dijadikan ladang penghasil uang. Dikenal sebagai sumber informasi berformat audio visual, produk google ini telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengiklan. Sama persis dengan blog, youtube juga mendulang pundi-pundi penghasilannya melalui pemasangan iklan di chanel mereka. Tidak hanya penghasilan, lebih dari itu youtube juga siap menghasilkan entertainner baru lewat kepercayaan diri dan kreativitas yang mereka miliki.


Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Ingin Memulai Bisnis Tanpa Modal? Berikut Jenis Usaha yang Bisa Anda Pilih"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)