Lakukan Cara Ini Untuk Mencegah Uban di Usia Muda

   
   Cara Mencegah Uban - Seiring bertambahnya usia, rambut kita akan menemukan masa pelepasan hormonnya sedikit demi sedikit. Pelepasan hormon tersebut otomatis akan memperlambat regenerasi sel pada rambut sehingga yang terjadi adalah warna rambut akan hilang kepekatannya. Fenomena ini merupakan salah satu proses penuaan.

   Pada pria umumnya, proses penuaan telah dimulai ketika usianya 40 tahun ke atas sedangkan bagi wanita akan mengalami 10 tahun lebih awal yakni 30 tahun. Meskipun kemunculan uban dipengaruhi oleh faktor usia, tidak jarang kita melihat anak muda yang sudah menunjukan gejala proses penuaan tersebut. Kenapa hal ini bisa terjadi? ada beberapa alasan untuk menjawab pertanyaan ini, mulai dari indikasi suatu penyakit, faktor genetik, kekurangan asupan vitamin dan kebiasaan hidup yang buruk. 

   Apapun penyebabnya, rambut uban diusia muda tentu akan sangat mengganggu terutama dalam segi penampilan. Kemunculan uban sebelum waktunya dipastikan akan menutupi identitas asli seseorang. Kehadiran uban di tengah usia produktif tentu akan sangat menjengkelkan bagi penderitanya. Biasanya kejengkelan tersebut kita lampiaskan dengan cara mencabut uban secara sengaja. Padahal, mencabut uban dengan sengaja dapat membahayakan syaraf-syaraf tubuh yang berada dikulit kepala.

    Jika pencabutan uban dilarang lalu bagaimana dengan menyemir atau mengecat rambut? Menyemir rambut diperbolehkan asal anda bisa memastikan zatnya cocok untuk jenis rambut yang anda miliki. Dengan kata lain, anda harus tetap berhati-hati dalam memilih produk semir untuk rambut anda. Akan lebih baik apabila anda konsultasikan terlebih dahulu dengan pakar ahli.

Baca juga : 7 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami

  Ketika beberapa keluhan diatas sudah anda alami, tidak ada pilihan lain selain melakukan pengobatan sedini mungkin. Salah satu alternatif yang bisa anda pilih adalah dengan melakukan pengobatan secara alami seperti berikut ini.


Cara Mengatasi Uban di Usia Muda

1. Kemiri

   Kemiri dikenal mampu menjadi penghitam alami pada rambut. Khasiat ini disadari langsung oleh hampir seluruh produk rambut didunia dengan menjadikan ekstrak kemiri sebagai bahan utamanya. Tanaman asli Indonesia ini bisa kita manfaatkan minyaknya untuk dioleskan langsung ke rambut secara menyeluruh. Perawatan seperti ini harus anda lakukan rutin setiap hari sebelum anda memulai keramas. Vitamin E yang terkandung didalam minyak kemiri akan sangat dibutuhkan oleh rambut anda terutama menjaga rambut anda agar tetap hitam berkilau.

2. Ampas Teh

   Jika anda sedang menikmati teh jangan terburu-buru membuang ampas yang tersisa karena ampas teh tersebut akan kita pakai untuk perawatan rambut anda. Caranya cukup sederhana yakni dengan mengoleskan ampas teh tersebut ke menyeluruh ke rambut. Untuk hasil optimal anda bisa mengkombinasikan ampas teh dengan  sedikit campuran garam. Setelah di diamkan selama kurang lebih 1 jam, bilas rambut anda hingga bersih menggunakan shampo. Treatment ini dapat anda lakukan secara rutin setiap hari.


3. Putih Telur Ayam Kampung

   Sudah menjadi rahasia umum bahwa putih telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan perawatan kecantikan. Salah satunya adalah sebagai bahan perawatan kecantikan rambut. Terlebih lagi anda menggunakan putih telur yang anda dapatkan dari ayam kampung, tentu hal ini akan semakin membuat rambut anda terjaga kesehatan dan kehitamannya. Pengaplikasiannya tidaklah rumit, anda hanya butuh segelas air putih sebagai campuran putih telur. Apabila anda telah mencampur kedua bahan utama tersebut anda bisa langsung menerapkannya langsung ke rambut anda. Biarkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan air bersih dan shampo.

4. Daun Rambutan

   Berbeda dengan putih telur yang sudah tersohor manfaatnya, daun rambutan masih belum begitu populer khasiatnya terutama dalam hal mencegah rambut beruban. Jika anda ingin membuktikan sendiri manfaat daun rambutan ini, anda bisa mencobanya dirumah. Siapkan daun rambutan secukupnya lalu haluskan daun ini. Untuk menghaluskan daun rambutan, anda dapat menggunakan jasa blender agar daun rambutan bisa dipastikan benar-benar halus. Setelah dirasa cukup maskerkan sari daun rambutan ke rambut anda. Bilas rambut anda menggunakan air hangat setelah didiamkan selama beberapa menit.

5. Yogurt

   Dari sekian banyak kandungan didalam olahan fermentasi ini, diketahui ada beberapa zat yang mampu meningkatkan kemilau rambut hitam anda. Pengoptimalan khasiat yogurt pada rambut akan didukung oleh dua bahan lainnya seperti lada hitam dan kopi bubuk. Campurkan kedua bahan penunjang tersebut dengan bahan utama dengan sempurna. Selanjutnya poles pada rambut secara merata. Jangan bilas rambut anda selama jangka waktu 1 jam.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.