Berikut 5 Tips Bagaimana Cara Mengatasi Ambeien Anda


   Cara mengatasi ambeien - Seperti penyakit yang lain, ambeien juga merupakan salah satu penyakit yang dapat menimbulkan ketidak nyamanan terhadap penderitanya. Ambeien adalah suatu kondisi pembengkakan yang terjadi pada bibir anus. Dalam beberapa kasus, kondisi ini semakin diperparah dengan adanya pendarahan. Jika hal ini tidak ditangani dengan serius, bukan tidak mungkin penderita akan kehilangan banyak darah setiap harinya.

   Penyakit ambeien bisa muncul dan dialami oleh siapa saja tanpa terkecuali. Dari mulai anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua memiliki resiko terkena penyakit ini. Resiko akan meningkat ketika seorang wanita sedang mengandung. Hal ini dikarenakan terjadi perubahan hormon yang signifikan selama masa kehamilan berlangsung. Tidak hanya itu, faktor usia juga bisa meningkatkan resiko seseorang terkena ambeien. Biasanya ambeien mulai menyerang ketika usia seseorang sudah menginjak 45-65 tahun. Peningkatan resiko ini terjadi seiring meningkatnya pravalensi pada usia tersebut. 

   Tapi apakah penyakit ini datang tanpa suatu sebab dan akibat? tentu saja tidak, pasti ada alasan kenapa ambeien bisa kita rasakan. Salah satu upaya awal untuk menghindar dari kemungkinan terkena penyakit ambeien adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Jika tidak, besar kemungkinan bagi kita mengalami ambeien.

    Ambeien di deskripsikan dengan tumbuhnya gumpalan pada jaringan pada bagian dalam anus. Gumpalan tersebut berisi pembuluh darah dan jaringan yang menunjang sesuatu disekitarnya. Anus memiliki saluran terusan dengan panjang mencapai 4 cm. Saluran inilah yang menjadi alur lintasan feses keluar dari tubuh. Ketika ambeien mulai menyerang, tugas kita adalah mengamankan alur lintasan tersebut agar proses metabolisme berjalan lancar.

5 Tips Cara Mengatasi Ambeien

1. Atasi Ambeien dengan Olahraga

   Sesuai pada pembahasan sebelumnya bahwa ambeien bisa dihindari dan diatasi dengan menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu upaya tersebut adalah dengan melakukan olahraga. Tidak semua olahraga diperbolehkan bagi penderita ambeien. Hindari aktivitas olahraga yang dapat memberikan tekanan berlebih di bagian bawah tubuh terutama anus. Sebagai contoh, anda tidak diperbolehkan melakukan olahraga angkat beban. Berdasarkan tujuannya, anda diharuskan melakukan satu diantara tiga olahraga berikut ini:
  • Jalan Santai
   Aktivitas olahraga ini dapat melancarkan buang air besar anda karena sistem pencernaan telah mengalami perbaikan selama anda melakukan jalan santai. Kondisi ini otomatis akan mencegah anda dari kemungkinan konstipasi. Kita tahu konstipasi merupakan penyebab kenapa seseorang sulit melakukan buang air besar. Begitu sulitnya buang air besar dipastikan membuat seseorang akan mengejan lebih keras. Mengejan terlalu keras dapat memberikan tekanan pada pembuluh darah sehingga yang terjadi pembuluh darah mengalami pembesaran. Deskripsi kondisi semacam ini tidak akan terjadi pada anda jika anda rutin berjalan santai. Massa otot di daerah panggul akan dibangun lewat olahraga sederhana ini.
  • Senam Kegel
   Mungkin sedikit diantara anda belum begitu familiar dengan senam yang satu ini. Hampir mirip dengan tujuan jalan santai, senam kegel juga bertujuan meningkatkan kekuatan otot-otot pelvis di pinggul. Senam kegel ini biasanya diperuntukan bagi wanita yang akan menjalani persalinan. Mski demikian baru-baru ini senam kegel terbukti ampuh mengatasi ambeien. Cara penerapannya cukup mudah. senam ini di ilustrasikan seperti ketika anda buang air kecil selama dua detik dan tahan selama beberapa detik. Bedanya anda tidak harus buang air kecil untuk melakukan senam kegel ini.
  • Aerobik
   Sedikit berbeda dengan tujuan olahraga sebelumnya, aerobik dilakukan untuk mempertahankan akselerasi gerak usus tetap normal. Tidak hanya itu aerobik juga dapat meningkatkan denyut jantung sehingga lintas metabolisme berjalan normal. Jenis olahraga seperti ini bisa mencegah anda dari pembesaran pembuluh vena di area anus.

2. Atasi Ambeien dengan Air Hangat

    Hal yang paling menggangu dari penyakit ambeien ini adalah adanya pembengkakan pada bagian anus. Kondisi ini tentu akan sangat menggangu aktivitas kita. Jangankan aktivitas berat, untuk berjalan saja sangat sulit rasanya. Berkaitan dengan poin yang kedua ini, anda bisa memanfaatkan khasiat air hangat untuk mengurangi sekaligus mengecilkan pembengkakan pada dubur anda. Penerapannya tidaklah rumit, anda hanya perlu duduk didalam wadah yang berisikan air hangat selama kurang lebih 10-15 menit. Metode ini cukup dikenal dengan nama sizt bath. Lakukan sizth bath  setidaknya 4 kali sehari.

3. Atasi Ambeien dengan Bahan Alami

    Selain dengan obat-obatan medis, penyakit ambeien merupakan salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan bahan alami. Bahan alami selalu mendapatkan tempat dihati penderita ambeien karena memang terbukti cukup ampuh menangani ambeien. Adapun bahan alami yang bisa anda jadikan sebagai pengobatan adalah seperti kulit manggis, bunga pagoda, daun pepaya, lidah buaya, daun sirsak dan lain-lain. Cara penerapannya adalah dengan meramu bahan-bahan tersebut lalu minum ramuan yang telah anda racik.

4. Atasi Ambeien dengan Pijat Refleksi

   Pijat refleksi bisa menjadi alternatif anda untuk menyembuhkan ambeien anda. Hal ini dibuktikan oleh orang terdahulu yang lebih dulu menerapkan metode ini. Dengan keadaan serba terbatas dan tidak berkecukupan masih memungkinkan mereka untuk hidup sehat. Kalau bukan metode seperti ini mustahil rasanya bagi mereka bertahan hidup dengan usia yang panjang. Tidak hanya di Indonesia, pijat refleksi untuk ambeien juga cukup populer  di negara-negara Asia seperti Korea, China, dan Jepang. Begitu banyak orang terlihat sehat meski umurnya sudah menginjak 80 tahun. Hal ini dikarenakan mereka begitu paham akan manfaat dari pijat refleksi ini. Pijat ini memiliki seni dalam penerapannya, maka dari itu tidak sembarang orang bisa melakukannya. Ada baiknya anda melakukan metode pengobatan ini pada ahlinya.

5. Atasi Ambeien dengan Memperhatikan Asupan

   Untuk mengatasi ambeien tidak melulu berkaitan dengan upaya pengobatan, nyatanya ambeien juga bisa diatasi dengan mengatur asupan makanan. Walau bagaimana pun ambeien terjadi karena kesalahan kita dalam memilih asupan yang baik. Salah satu asupan yang harus anda kontrol adalah garam. Menurut lawder, kandungan garam berlebihan didalam tubuh akan menghambat cairan di sistem peredaran. Kondisi ini bisa menyebabkan pembesaran pembuluh vena pada anus. Disamping itu anda harus bisa menghindar makanan yang dapat memperburuk keadaan anda seperti kopi, bumbu perasa yang kuat, bir dan minuman bersoda. Setelah menjaga asupan, anda juga diharuskan mengkonsumsi makanan berserat untuk memudahkan tubuh anda melakukan metabolisme secara baik.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.