Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Terhindar Dari Jamur

   
   Cara Menjaga Kesehatan Kulit - Kulit adalah organ terbesar dari seluruh sistem yang menutupi. Berat kulit diperkirakan tujuh persen dari total keseluruhan berat badan kita. Untuk usia dewasa rata-rata, luas permukaan kulit nya berkisar antara 1,5-2,0 meter persegi dan sebagian besar tebalnya mencapai 2-3 milimeter atau 0,10 inci. Satu inci dari bagian kulit memegang 650 kelenjar keringat, 20 pembuluh darah, 1.000 ujung saraf dan 60.000 melanosit. Pada umumnya, kulit memiliki tiga lapisan yakni Dermis (kulit jangat), Epidermis (Kulit ari) dan Hipodermis (subkutan lapisan adiposa). Selain itu kulit juga memiliki sel mesodermal dan pigmentasi dari melanosit yang mampu menyerap sebagian radiasi ultraviolet.

      Kulit kita memainkan peran yang sangat penting bagi tubuh, terdapat banyak fungsi kulit yang bisa kita ketahui diantaranya sebagai pelindung tubuh dari berbagai macam ancaman dari luar, sebagai indra peraba, sebagai pengatur suhu tubuh, sebagai alat ekskresi, sebagai penyimpan lemak dan sebagai penyimpan vitamin D. Kita tidak akan membahas fungsi-fungsi tersebut secara mendetail tapi kita akan lebih memfokuskan bagaimana cara merawatnya.

      Perlu kita ketahui bahwa lebih dari 1000 spesies bakteri bisa tumbuh di kulit manusia dan sekitar 20 spesies jamur tumbuh diantara sela-sela jari kaki kita. Menyeramkan bukan? agar kita terhindar dari bakteri dan jamur di kulit, sebaiknya kita serius menjaga kesehatan dan kebersihan kulit kita supaya kulit bisa memainkan perannya secara optimal yakni sebagai pelindung organ tubuh. Langsung saja kita simak bagaimana cara menjaga kesehatan kulit sebagai berikut.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

1. Rajin Mandi

      Syarat awal agar memiliki kulit yang bersih dan sehat adalah mandi secara rutin. normalnya kita diwajibkan mandi dua kali dalam sehari tetapi hal itu bukanlah patokan, Anda bisa mandi lebih dari dua kali  jika anda melakukan kegiatan yang banyak mengeluarkan keringat. Ketika tubuh anda terasa kotor dan bau bersegeralah untuk mandi. Bau asam yang timbul disebabkan oleh bakteri yang mulai berkembang. Jangan biarkan bakteri di kulit anda berkembang segera tangani hal tersebut. 

2. Hindari Makanan Pemicu Alergi

     Salah satu penyakit yang akan mengundang datangnya bakteri adalah alergi. Maka dari itu jauhi makanan yang menjadi pemicu terjadinya alergi pada kulit anda. Alergi sangat identik dengan rasa gatal kalau sudah demikian anda akan terpacu untuk menggaruk rasa gatal tersebut dan tanpa disadari anda telah melukai kulit anda sendiri.

3. Kurangi Merokok

      Kandungan dalam rokok akan menyebabkan kerentanan terhadap kekenyalan kulit. Efeknya kulit akan menjadi kering dan pecah-pecah. Sulit jika harus menyarankan perokok untuk berhenti dari kebiasaannya tersebut sebab bagi sebagian orang, rokok telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Sebenarnya kita bisa berhenti merokok dengan metode tertentu masalahnya ada pada niat masing-masing individu itu sendiri.

4. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Kulit

    Kecerahan kulit kita dipengaruhi terhadap apa yang kita makan. Nutrisi bagi kulit tidak akan pernah tersedia di makanan cepat saji manapun. Jika anda ingin menjaga kesehatan dan kecerahan kulit anda maka konsumsilah makanan dengan nutrisi yang tepat seperti buah strawberry, nanas, lemon, tomat, alpukat, bawang putih, kenari, mengkudu, bayam, telur dan lain-lain.

5. Sinar Matahari yang Cukup

    Tubuh manusia sangat memerlukan paparan sinar matahari untuk mendapatkan kesehatan yang optimal. Sinar matahari sebagai sumber kehidupan memberikan banyak manfaat tidak terkecuali bagi kesehatan kulit. Kulit yang kurang terkena paparan matahari akan terlihat lebih pucat karena kulit telah kekurangan vitamin D. Matahari merupakan pelopor vitamin D terbaik bagi kulit untuk itu kita harus mencukupi kebutuhan kulit agar bisa mendapatkan elastisitasnya sekaligus meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

6. Mencukupi Kebutuhan Mineral

    Untuk menjaga kulit agar tidak dehidrasi kita haruslah mencukupi kebutuhan mineralnya. Caranya? cukupilah kebutuhan mineral dalam tubuh anda maka dengan demikian, kulit anda secara otomatis mendapatkan kesegaran, kekenyalan, dan kelembutannya. Tidak hanya dengan minum air saja, anda juga bisa mendapatkan mineral dari berbagai sumber buah-buahan. Idealnya anda bisa mencukupinya dengan dua liter mineral. Itu sudah termasuk dari keseluruhan sumber cairan yang anda dapatkan.

7. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

      Mungkin anda sedikit bingung kenapa makanan berserat bisa berpengaruh bagi kulit kita. Padahal yang kita tahu makanan berserat berguna untuk saluran pencernaan. Tapi tahukah anda saluran pencernaan yang terganggu merupakan salah satu penyebab terjadinya wajah berjerawat. Fakta tersebutlah menjadi alasan saya ikut menyertakan makanan berserat ini ke dalam tips merawat kulit sehat. Denagn menjaga sistem pencernaan berarti kita telah meminimalkan jerawat pada wajah kita. Roti gandum, beras merah, apel, pisang dan oatmeal bisa anda pilih sebagai menu makanan berserat anda.

8. Konsumsi Makanan Mengandung Zinc

   Sumber makanan terbaik yang mengandung Zinc adalah daging, telur, tiram, dan sereal. Kandungan Zinc begitu dibutuhkan bagi kesehatan kulit kita karena kandungan ini mampu meregenerasi serta memproduksi sel baru yang akan mengganti peran dari sel-sel yang telah mati. Hasilnya bisa anda rasakan yakni wajah akan terlihat lebih segar dan cerah.

9. Rutin Berolahraga

     Aliran darah yang lancar sangat penting untuk terjangkaunya oksigen ke seluruh tubuh termasuk sel-sel kulit. Untuk mendapatkan aliran darah lancar kita bisa melakukan olahraga secara rutin. Jika kita kurang olahraga hal ini beresiko tinggi pada kegemukan yang pada gilirannya berpengaruh terhadap kecerahan kulit. Olahraga tidak melulu berguna terhadap pembentukan otot tapi olahraga juga bisa menjadi agenda proses pencerahan bagi kulit anda.

10. Menggunakan Tabir Surya atau Pelindung

    Meskipun sinar matahari baik bagi kulit tetapi berdasarkan klasifikasi waktunya matahari tetap memiliki sinar yang berbahaya bagi kesehatan kulit anda. Pada waktu siang hari misalnya, sinar matahari di waktu tersebut mengandung sinar ultraviolet (UV), sinar ini sangat tidak bersahabat dengan kulit kita. Radiasi dari sinar UV terbagi atas tiga kategori diantaranya radiasi UVA, UVB dan UVC. ketiga radiasi tersebut memiliki pengaruhnya masing-masing. Tentunya kita tidak bisa menyuruh matahari menyesuaikan sinarnya kepada kita akan tetapi kitalah yang harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut. Penyesuaian bisa kita lakukan dengan cara memberi perlindungan tabir surya atau alat pelindung lainnya seperti payung, topi, syal dan semacamnya.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.