Segera Kenali 7 Gejala Diabetes Ini Sedini Mungkin

 
   Gejala Diabetes - Diabetes atau yang lebih dikenal dengan 'kencing manis' ini merupakan suatu kondisi ketidakmampuan tubuh dalam mengendalikan kadar gula (glukosa) secara otomatis di dalam darah. Pada kondisi normal, pankreas akan melepaskan hormon insulin yang ditugaskan untuk mengangkut gula melalui aliran darah ke otot-otot dan jaringan lain ke seluruh tubuh. Ketika tubuh kita sudah mulai terkena diabetes itu artinya kita lah yang memegang penuh atas kendali mengatur kadar gula didalam tubuh kita, sebab sistem metabolisme yang kita miliki sudah kehilangan perannya. 

   Sebenarnya penyebab diabetes sangat dipengaruhi oleh gaya hidup kita sehari-hari. Kurangnya kesadaran dan memilih bersenang-senang tanpa memikirkan akibat yang ditimbulkan, membuat seseorang lupa akan kondisi kesehatannya. Perlu kita ketahui, diabetes tidak seperti penyakit serangan jantung, menurut saya diabetes lebih dari pada itu. Sebab diabetes ini merupakan penyakit yang tidak membahayakan nyawa penderitanya secara mendadak seperti halnya pada serangan jantung. Meski kedua penyakit tersebut saling berkaitan tetapi untuk dalam hal menyiksa penderitanya saya kira diabetes pantas mendapatkan tempat diposisi pertama. 

    Diabetes seolah-olah terus menerus memberikan kita waktu dispensasi lewat rasa sakitnya untuk menyadarkan kita agar mau menjalani hidup sehat. Sebelum diabetes itu sendiri yang akan menyadarkan kita, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja gejala diabetes berikan. Dengan begitu kita bisa menentukan tindakan lanjutan yang harus dilakukan agar kita menjauh dari kejamnya diabetes tersebut.

Inilah 7 Gejala Diabetes yang Harus Anda Kenali

1. Cepat Haus

    Biasanya, bagi penderita diabetes akan merasakan dahaga yang luar biasa, tidak hanya itu lelah dan lapar pun cukup sering dirasakannya. Gejala ini sangat umum dirasakan oleh penderita diabetes. Rasa haus, lelah dan lapar tersebut merupakan penyebab dari hormon insulin yang sudah tidak lagi aktif sehingga akibatnya membran sel akan sulit dilewati oleh gula darah dan gula darah pun terus menerus tertumpuk.

2. Sering BAK

    Anda patut curiga dengan gejala ini apabila anda kerap buang air kecil sebelum tidur padahal anda merasa tidak banyak minum air ketika itu. Umumnya, fenomena ini sering terjadi dimalam hari dengan frekuensi diatas tiga kali. Kenapa hal ini bisa terjadi? Tingginya kadar gula darah seseorang membuat proses metabolisme tidak sepenuhnya memproses keseluruhan kadar gula darah. Sehingga glukosa yang tidak bisa di proses tersebut akan ikut terbuang melalui urine. Jangan heran kalau anda mendapati urine penderita diabetes lebih kental dan keruh.

3. Lemas dan Cepat Kantuk

   Rasa lemas dan kantuk akan wajar terjadi jika anda memang benar-benar lelah beraktivitas atau kurang istirahat tapi anda harus waspada ketika lemas dan kantuk yang anda rasakan tidak memiliki alasan sama sekali, terlebih lagi anda baru saja minum dan makan. Seperti yang kita ketahui di awal postingan ini bahwa pankreas di dalam tubuh penderita diabetes sudah tidak mampu melepaskan hormon insulin sebagai upaya mengangkut gula melalui darah ke otot-otot dan jaringan di seluruh tubuh. Itulah kenapa rasa lemas dan kantuk sering dirasakan oleh penderita diabetes.

4. Pucat.dan Gatal

    Kulit penderita diabetes akan berubah sangat rentan dan terlihat pucat karena akibat dari kerusakan pada neuro perifer atau saraf tepi. Kerusakan ini tentu akan mempengaruhi sirkulasi dan fungsi kelenjar keringat sehingga kulit penderita diabetes akan gatal dan rentan terinfeksi. Di samping itu kulit pada penderita diabetes akan berkurang kelembapannya dan terasa agak kering dari biasanya.

5. Mudah Terluka

    Tidak hanya mudah terluka ternyata luka pada penderita sangat sulit untuk disembuhkan. Luka-luka ini berawal dari rasa kesemutan yang mulai melanda kaki, di ikuti dengan mati rasa dan akhirnya timbulah luka. Semakin tingginya kadar gula maka akan semakin leluasa bakteri berkembang biak. Tidak jarang luka penderita diabetes berakhir dengan jalan amputasi. Lalu kenapa luka pada kebanyakan penderita diabetes yang telah kronis selalu menyerang kaki? hal ini karena efek dari terganggunya metabolisme sehingga aliran darah ke kaki tidak optimal. Yang terjadi selanjutnya adalah kerusakan pada jaringan syaraf.

6. Pandangan Kabur

   Mungkin bagi yang belum tahu hal ini sangat mengejutkan. Kenyataannya penyakit diabetes berhubungan erat pada kesehatan mata. Pada penderita diabetes, terjadi peningkatan gula darah jauh diatas normal. Jika keadaan ini berlangsung dalam waktu lama maka akan menimbulkan gangguan pembuluh darah kapiler pada retina mata. Selain pandangan kabur, kemungkinan terburuknya bagi mata adalah katarak, glaukoma dan retino diabetik.

7. Rentan Sakit Gusi dan Gigi

    Tidak kalah mengejutkannya dengan poin diatas, ternyata penelitian membuktikan bahwa terjadi peningkatan prevalensi penyakit gusi pada mereka penderita diabetes. Penyakit gusi ini tidak bisa dipandang remeh karena dalam kondisi yang disebut periodontits gusi mulai menjauh dari gigi dan membentuk kantung di sela-sela gusi dan gigi tersebut. Lama kelamaan, kantung ini akan terisi oleh kuman dan nanah jika fenomena ini terjadi, sebaiknya lakukan pembedahan secepatnya terhadap gusi anda. Gigi yang ngilu tanpa sebab apapun juga tidak boleh lepas dari perhatian anda.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.