Apa Saja Fakta Unik dan Menarik Tentang Rasa Marah? Ketahui Disini

   
   Fakta Unik dan Menarik Tentang Rasa Marah - Rasa Marah sering kali menjadi sebuah perasaan yang dominan dari prilaku kognitif maupun fisiologi seseorang. Ekspresi luar yang ditimbulkan perasaan marah sangat mudah untuk kita kenali seperti perubahan raut wajah, gestur tubuh, respon psikologis dan tidak jarang dibarengi dengan tindakan agresif. Sedangkan ditinjau dari fisik, marah merupakan suatu emosi yang dapat mengakibatkan peningkatan denyut jantung, tekanan darah serta adrenalaine.

    Perasaan marah biasanya dijadikan suatu sinyal untuk memperingatkan gangguan dan segala macam ancaman agar menghentikan perilaku sumber amarah. Mengenai hal ini, kita bisa menarik kesimpulan bahwa marah ditunjukkan sebagai upaya membela diri dan hal ini pun dapat kita lihat pada prilaku hewan ketika marah. Umumnya, hewan akan mengeluarkan suara keras, memamerkan gigi dan mengerahkan otot mereka supaya terlihat lebih mendominasi lawannya.

    Kembali ke dalam konteks marah pada manusia, ahli psikologis menyatakan bahwa ketika seseorang marah maka besar kemungkinan mereka akan melakukan kesalahan. Kemungkinan tersebut bisa terjadi karena rasa marah menyebabkan kehilangan kemampuan pengendalian diri dan penilaian objektif. Selain itu para ahli psikologi juga menambahkan murka atau kemarahan adalah suatu emosi primer, alami dan matang yang pasti dialami oleh setiap manusia pada beberapa momen. 

   Dalam kadar tertentu, marah dianggap sebagai suatu hal yang punya nilai fungsional untuk kelangsungan hidup individu. Namun lain halnya dengan kemarahan yang tak terkendali, sebab kondisi ini disinyalir berpengaruh buruk terhadap kualitas hidup sosial maupun pribadi orang itu sendiri. Tindakan marah bukanlah sesuatu yang tidak dapat dikendalikan karena ketika amarah muncul, seseorang masih dapat membuat pilihan secara sadar dalam mengambil tindakan.

Baca Juga : Inilah 15 Fakta Unik Menangis yang Perlu Anda Ketahui

   Sebenarnya, kemunculan rasa marah sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari rumah tangga, sekolah, teman, pacar, terminal, jalan macet, kantor atau pekerjaan yang tak kunjung selesai. Tidak hanya dipengaruhi oleh berbagai situasi tersebut, nyatanya marah pun bisa terpancing karena suatu kondisi fisik seperti sakit, letih, pusing, dehidrasi, haus, lapar bahkan kenyang sekalipun. Tidak percaya? anda bisa mencobanya sendiri dirumah. Sebaiknya hiraukan anjuran semacam itu supaya anda bisa hidup dengan tenang.

   Tidak ada cara lain mengatasi keganasan marah kecuali dengan bersabar. Sebelum mengatasi kemarahan melalui kesabaran, ada satu hal yang harus dibenahi yakni berhenti menganggap sabar itu ada batasnya. Saya kira hal itu cukup untuk membekali kita menjaga amarah. Sejak dahulu, penanganan seperti itu telah menjadi bahan tulisan sejak para filsuf awal hingga detik ini. 

   Menanggapi hal diatas, terjadi benturan pendapat antara filsuf dengan para ahli psikologi modern. Alasan terjadinya benturan ini disebabkan argumen dikedua belah pihak. Menurut para filsuf, kesabaran sangat harus diterapkan dalam menahan amarah sementara itu disisi lain ahli psikologis mengatakan bahwa menahan amarah bisa menimbulkan dampak buruk. Yaa, terlepas dari apapun penyebab dan penanganannya mari saya ajak anda untuk mengetahui apa saja fakta menarik dibalik sifat atau perasaan yang satu ini.

Fakta Menarik Tentang Rasa Marah

Wanita dan pria punya cara tersendiri dalam mengekspresikan kemarahan

   Bagi anda yang sudah berkeluarga atau anda yang masih dalam proses menuju jenjang keluarga, tentu anda tahu persis perbedaan kemarahan anda dan kemarahan sang kekasih. Apalagi dalam menjalin hubungan, ada-ada saja masalah yang harus anda tempuh bersama pasangan.

   Perlu kiranya, saya menyampaikan fakta ini kepada anda dengan maksud untuk meningkatkan rasa tolerensi didalam hubungan anda berdua. Faktanya, laki-laki lebih mudah mengekspresikan rasa marah baik secara impulsif maupun fisik. Berbeda dengan lawan jenisnya, kaum hawa lebih sulit meluapkan rasa amarahnya namun demikian, ketika drama marah wanita sudah dimulai maka siapkanlah kuping anda karena durasinya akan begitu lama.

Penyebab kemarahan karena hal aneh

   Sebelum anda membaca dan sampai ke titik ini, saya yakin anda sudah banyak mengenal berbagai macam hal yang menjadi penyebab timbulnya rasa marah pada uraian diatas. Salah satunya adalah rasa marah merupakan suatu reaksi tentang suatu yang terjadi didalam diri mereka. Namun tahukah anda bahwa rasa marah juga bisa timbul karena adanya traumatik.

Strategi Acuh membiarkan Rasa Marah

   Seringkali kemarahan membuat kita bingung bagaimana cara menghadapinya. Dibeberapa kesempatan, ingin rasanya untuk melampiaskan rasa marah agar hati kita bisa lebih lega. Logika menjadi penghalang hal tersebut karena kita akan memikirkan dampak setelahnya. Ketika marah mulai diluapkan kita takut kehilangan kontrol atas kemarahan kita sendiri. Cara paling ampuh untuk membenarkan logika kita tersebut adalah dengan cara mengacuhkan rasa marah. Ini merupakan strategi termudah untuk dilakukan selain dengan bersabar

Dampak Marah Bagi Kesehatan

   Stigma buruk yang melekat pada kemarahan sejalan lurus dengan dampak yang ditimbulkan terutama bagi kesehatan. Dalam hal ini mari kita mulai dari kemungkinan terendah seperti tekanan darah tinggi. Seperti pada pembahasan sebelumnya, marah akan menyebabkan denyut jantung berdegup lebih kencang dari keadaan normal. Ketika jantung berdegup kencang, otomatis darah pun akan semakin deras mengalir, sehingga bisa dipastikan tekanan darah pun ikut meningkat seiring mulai naiknya emosi. Naik satu level diatasnya, marah sangat berbahaya pada penderita jantung. Kemungkinan terburuk yang ditakutkan adalah berakibat pada serangan jantung dan stroke.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.