Inilah 5 Cara Ampuh Agar Bisa Berhenti Merokok


   
cara berhenti merokok   Cara berhenti merokok - Jika ditanya mengenai manfaat rokok, hampir semua perokok tidak bisa menemukan jawabannya. Menurut pengalaman saya sebagai mantan perokok, kebiasaan merokok tidak ubahnya hanya untuk keperluan fashion semata. Entah sebuah sugesti atau bukan, ketika saya menghisap rokok disitulah  saya merasa fashionable diantara teman yang lain. Meski demikian, tidak sedikit yang mengaku bahwa rokok merupakan kebiasaan atau bahkan kebutuhan bagi seseorang.

    Ketika rokok telah menjelma menjadi sebuah kebutuhan maka bisa dipastikan akan sangat sulit untuk lepas dari pengaruh rokok. Kesulitan ini semakin diperparah jika kebiasaan merokok sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Dalam jangka waktu ini, seseorang akan selalu menemukan beribu-ribu alasan untuk membenarkan kebiasaannya tersebut seperti menenangkan pikiran, menahan lapar, dan sebagainya. Sejalan dengan ribuan alasannya, kita juga memiliki miliaran alasan kenapa harus berhenti merokok. Baik dari segi kesehatan maupun ekonomis nya, rokok tidak memiliki satu manfaat pun kepada diri kita dan kesadaran seperti inilah yang harus kita tanamkan.

   Saya yakin, kebanyakan perokok sebenarnya memiliki keinginan berhenti merokok karena suatu alasan. Ada yang karena anjuran orang tua, teman, pacar, gebetan atau mungkin keinginan dari diri sendiri. Masalah yang sering dihadapi oleh perokok adalah untuk berhenti merokok kenyataannya tidak semudah menghembuskan asap rokok. Jangan heran kalau segelintir perokok merasa pesimis akan hal tersebut sehingga membuat mereka masih tetap berkutat dengan kebiasaan buruknya. Betapa pun sulitnya berhenti merokok, upaya ini bukanlah sesuatu yang mustahil.

   Perlu digaris bawahi, kesulitan berhenti merokok tidak didasari tanpa adanya sebab. Dalam artian, ada penyebab melatar belakangi kesulitan tersebut. Agar mudah dipahami, mari kita bermain dengan sebuah contoh. Seperti yang sudah anda ketahui, saya merupakan mantan perokok aktif. Ketika saya mencoba berhenti merokok, masalah yang saya hadapi adalah tidak bisa menahan diri dari lingkungan sekitar. Lingkungan ini begitu kuat untuk mengagalkan rencana saya. Jadi kesimpulannya, keberhasilan upaya menghentikan kebiasaan merokok sedikit banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

   Kita tahu, dampak rokok tidak kita rasakan seorang diri melainkan berdampak pula terhadap kesehatan orang lain terutama keluarga terdekat. Tidak tanggung-tanggung, orang disekitar kita memiliki resiko penyakit tiga kali lipat dibandingkan dengan kita sebagai perokok aktif. Mau sampai kapan kita membebani mereka dengan kebiasaan buruk seperti ini? Bukankah kita menyayangi mereka? jika anda menjawab iya, matikan rokok anda sesegera mungkin.

Tips Ampuh Berhenti Merokok

1.Bulatkan Tekad dan Niat

   Sebelum melakukan apapun, ada baiknya didasari dengan niat dan hal ini juga berlaku untuk memulai upaya berhenti merokok. Tanpa ada niat yang kuat maka hal ini akan semakin memperbanyak daftar janji kosong anda sebelumnya. Untuk membulatkan tekad lebih kuat bisa dilakukan dengan cara memikirkan apapun dampak buruk merokok bagi kehidupan kita. Setelah itu, bayangkan manfaat apa yang akan anda tuai ketika anda berhasil melaksanakan niat anda.

2. Merubah Mindset

   Berhenti merokok bukanlah perkara mudah dan hal tersebut diakui oleh kebanyakan perokok atau mungkin anda sendiri. Mindset seperti inilah yang diduga menjadi biang kerok kegagalan perokok menghentikan aksinya. Maka dari itu, anda harus memiliki mindset yang berbeda untuk menunjang keberhasilan usaha anda. Selama anda memiliki pikiran positif terhadap apa yang anda usahakan, yakinlah hal tersebut pasti akan berhasil.

3. Menumbuhkan Rasa Malu

   Kalau anda masih ingat, diawal paragraf saya mengatakan bahwa rokok tidak ubahnya untuk menunjang penampilan. Setelah saya merasakan begitu pedihnya dijauhi gebetan hanya karena sebatang rokok, saya beranggapan pandangan saya selama ini hanya sebatas penilaian untuk diri sendiri. Padahal kenyataannya, rokok memiliki stigma yang buruk dalam mencerminkan kepribadian seseorang. Semenjak kejadian ini, saya menganggap merokok sebagai suatu hal yang memalukan. Inilah kenapa rasa malu perlu ditumbuhkan dalam diri kita.

4. Beli dan Patahkan

   Maksudnya disini adalah anda dipersilahkan membeli rokok berapapun yang anda inginkan asalkan rokok tersebut tidak dihisap. Nah, kalau bukan untuk dihisap terus untuk apa dong? jawabannya adalah untuk dipatahkan. Berbeda dengan beberapa poin diatas, pada poin keempat ini cukup mudah untuk dilakukan. Belilah rokok paling mahal sesuai ukuran dompet anda lalu patahkan satu persatu dengan tangan anda sendiri. Jika anda ragu, remukkan satu bungkus rokok dan buanglah sampah rokok ini pada tempatnya. Lakukan hal demikian setiap kali anda membeli rokok sampai anda benar-benar merasakan rokok sebagai penyebab keborosan anda.

5. Ganti Rokok dengan Makanan yang Lain

   Rokok sering dijadikan teman untuk beberapa aktivitas keseharian seseorang. Pada pagi hari misalnya, perokok begitu menikmati sensasi merokok jika ditemani dengan segalas kopi. Berlanjut pada siang hari, perokok juga akan mencari rokok untuk menemani makan siangnya. Mereka beralasan, merokok setelah makan adalah perpaduan yang begitu nikmat. Hendaknya, ubahlah kebiasaan ini sesegera mungkin. Caranya? anda bisa menggantikan rokok dengan makanan ringan lain seperti permen, coklat dan sebagainya.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Inilah 5 Cara Ampuh Agar Bisa Berhenti Merokok"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)