Simak Cara Jitu Memperbaiki Keyboard Pada Laptop Berikut Ini


   Cara memperbaiki keyboard laptop - Bagi anda yang memiliki laptop tentunya anda sering menjumpai masalah klasik yang terjadi pada laptop anda. Terlebih lagi laptop tersebut sudah berumur cukup tua sehingga kerusakan bisa saja tiba-tiba terjadi. Dari sekian banyak kerusakan pada laptop, saya pribadi sangat sering menghadapi permasalahan yang bisa di bilang begitu vital untuk seorang blogger, yakni kerusakan pada keyboard laptop.

   Sebagai alat masukan perintah didalam mesin komputer, keyboard sangatlah diperlukan jika ingin menjalankan fungsi laptop secara optimal. Untuk itu, pengetahuan mendasar seputar kerusakan pada laptop begitu penting kita ketahui tidak terkecuali kerusakan keyboard pada laptop. Sesuai dengan pemakaian serta perawatannya, kerusakan laptop bisa dilatar belakangi oleh banyak hal. Jadi, saya akan membagi beberapa poin apa saja yang harus anda lakukan sesuai penyebab kerusakan itu sendiri. Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini sesuai gejala yang terjadi pada keyboard anda.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Mengeluarkan Bunyi "Beep"

   Kerusakan keyboard yang satu ini bisa anda kenali dengan mudah sebab laptop anda akan mengeluarkan suara layaknya robot. Berdasarkan keluhan dan penegalaman pribadi, suara ini akan terdengar ketika laptop mulai anda hidupkan. Nah, bagaimana cara memperbaikinya? Sebenarnya cara ini hampir mirip dengan cara orang yang sudah emosi menghadapi laptopnya.

   Silahkan tekan keseluruhan tombol keyboard laptop anda secara bersamaan. Jangan tekan keseluruhan tombol tersebut terlalu lama karena bisa jadi anda akan memperburuk keadaan. Yang saya maksudkan disini adalah tekhnik push up, yup tekan angkat tekan angkat secara berulang. Setelah semua tombol dirasa sudah ditekan dengan benar, barulah anda bisa menyalakan kembali laptop kesayanagan anda. Mengapa saya menyarankan tekhnik ini kepada anda? karena cara ini terbilang ampuh untuk memisahkan lapisan karbon yang menempel antar tombol pada keyboard. Saya kira cara ini cukup membantu ketika saya terapkan di beberapa kesempatan.

   Lalu bagaimana apabila tips diatas tidak mampu mengatasi kerusakan keyboard laptop anda? Bisa jadi lapisan karbonnya sudah melekat sangat kuat. Kalau sudah begini mari kita coba cara lain dengan masalah yang lebih kompleks di bawah ini.

Gejala:
  • Salah satu tombol keyboard tidak berfungsi.
  • Salah satu tombol seperti tertekan terus.
  • Disertai bunyi beep yang panjang.
  • Biasanya ketika akan menghidupkan laptop harus menekan salah satu huruf.
Cara Memperbaikinya:
  • Copot seluruh sambungan energy agar tidak merusak komponen lain.
  • Buka seluruh tombol keyboard satu persatu secara hati-hati dimulai dari pojok kanan bawah.
  • Pastikan anda tidak merusak kaki penyangga tombol keyboard.
  • Setelah semua tombol terlepas dari tempatnya, semprot dengan hair dryer secara merata. Apabila tombol error telah anda ketahui saya menyarankan beri semprotan lebih dibagian tombol tersebut.
  • Pasang kembali tombol keyboard laptop anda setelah selesai.
Cara Memperbaiki Tombol Keyboard Tertukar Huruf (m,j,k,l,u,i,o dengan 0,1,2,3,4,5,6)

   Kebanyakan orang tidak mau ambil pusing dengan rusaknya keyboard pada laptop mereka sehingga muncullah ide untuk menggunakan keyboard eksternal. Untuk beberapa kerusakan, mungkin ide ini bisa menjadi solusi sementara kerusakan keyboard anda. Namun apa jadinya jika keyboard eksternal tersebut sama sekali tidak berfungsi karena kerusakan berasal dari dalam? Salah satu gejala kerusakan tombol dari dalam ini adalah tertukarnya sebagian huruf dengan sebagian angka. Biasanya, penyebab situasi ini dikarenakan pertukaran tombol fungsi Fn. Cara memperbaiki keyboard laptop terutama fungsi Fn yang terbolak balik adalah dengan cara:
  1. Tekan tombol Fn lalu tekan tombol numeric selama 5 detik. Sekedar informasi, biasanya tombol numeric berada di baris paling atas satu deretan dengan tombol F1-F12 bertuliskan Insert dan NumLK.
  2. Setelah dirasa cukup, lepas kedua tombol diatas. Sekarang silahkan anda coba tekan tombol "u". Jika masalah belum juga teratasi, lakukan kembali cara tersebut.
Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sama Sekali

Gejala:
  • Semua tombol sama sekali tidak berfungsi
  • Lampu Caps Lock dan Num Lock tidak menyala
  • Tombol keyboard macet/abnormal
Cara Memperbaiki:
  1. Pastikan langkah pada permasalahan nomor 1 tuntas anda kerjakan.
  2. Coba bersihkan dengan air/alkohol dan keringkan sesegera mungkin.
  3. Amati tombol USB keyboard karena ada saatnya tombol tersebut tidak berfungsi dengan baik.
  4. Silahkan Restart laptop anda.
   Mudah-mudahan tips "cara memperbaiki keyboard laptop" diatas bisa membantu permasalahan anda. Akhir kata saya ucapkan terima kasih, hehe. ohh iya, kalo ada pertanyaan silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dibawah ini ya.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Simak Cara Jitu Memperbaiki Keyboard Pada Laptop Berikut Ini"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)