Dampak Negatif dan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Kesehatan


   Dampak Negatif Penyalahgunaan Narkoba - Meskipun segelintir generasi muda mengaggap pemakaian narkoba menjadi sebuah lifestyle atau bahkan suatu kebanggan, kita bersama yakin bahwa jauh di benak pecandu narkoba, hal tersebut bukanlah sebuah cita-cita. Kenapa? alasannya jelas bahwa tidak ada yang mau menjadi budak barang haram tersebut. Jika ditanya lebih lanjut mengenai apa alasan penggunaan narkoba kepada pemakainya, tentu kita akan menemukan banyak jawaban.

   Dari sekian banyak jawaban untuk pertanyaan diatas, lingkungan sekitar dan keluargalah yang paling berpengaruh. Maka dari itu peran lingkungan serta keluarga sangat diperlukan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba. Kalaupun seseorang sudah terlanjur terjerumus ke lingkaran setan tersebut, kitalah yang hendaknya ikut membantu mereka agar bisa lepas dari jerat narkoba. Naik beberapa tingkat diatas rokok dan alkohol, narkoba tidak ubahnya sebuah investasi menanam penyakit didalam tubuh. Lalu kapan hasil investasi tersebut dapat di tuai? hanya tuhan yang tahu.

   Sebelum terjun bebas ke dalam lembah hitam narkoba, pecandu narkoba bukanlah seseorang yang buta pengetahuan. Kita percaya, mereka sudah sangat tahu apa saja resiko dan bahaya penggunaan narkoba tersebut. Lalu kenapa seseorang begitu mudah terseret oleh bujukan narkoba? hal ini terjadi tidak lepas dari rasa penasaran si calon korban. Berbekal rasa ingin tahu untuk mencoba gaya hidup terkini dan mengganggap narkoba hanyalah bagian dari gaya hidup modern akan membuat seseorang begitu mudah masuk ke dalam perangkap mematikan ini.
   Dampak penyalahgunaan narkoba tidak hanya berpengauh terhadap kesehatan, lebih kejam dari itu, narkoba akan merusak hidup secara perlahan. Jika kita menganggap narkoba sebagai sahabat maka saya tidak ragu untuk mengatakan bahwa narkoba adalah sahabat paling keji yang pernah ada. Coba kita bayangkan, sahabat mana yang tega menghancurkan keluarga kita, sekolah kita, karir kita dan segala aspek kehidupan kita kalau bukan narkoba? Jauh sebelum berteman akrab dengan barang haram, mungkin para mantan pemakai narkoba tidak habis pikir kenapa mereka bisa berteman sedekat itu dengan narkoba.

   Keheranan diatas kian terasa ketika sang mantan pecandu melihat beberapa foto tubuhnya sebelum dirusak oleh sahabatnya sendiri. Tubuh yang dulunya tegap dan gagah, kini hanya hasil grogotan narkoba yang tersisa. Satu celah cahaya kecil begitu berarti untuk mengubah kehidupan suram seseorang manjadi lebih indah. Setidaknya, cahaya perubahan tersebut harus ditanam dalam hati setiap pengguna narkoba. Jangan memanfaatkan waktu dispensasi reaksi mematikan narkoba dengan selalu terus menerus menggunakannya. Justru anda harus memanfaatkan momen tersebut untuk sesegera mungkin untuk meninggalkannya.

Efek Penyalahgunaan Narkoba
  1.    Halusinasi merupakan salah satu efek penyalahgunaan narkoba. Timbulnya halusinasi tidak lepas dari peran kandungan halusinogen didalam narkoba. Kandungan jenis ini biasa ditemui di beberapa tanaman seperti mescaline dan psilocbin. Disamping itu ada pula yang diolah di laboratorium semisal LSD.
  2.    Depresan merupakan efek dari penekanan sistem syaraf pusat sehingga dapat mengurangi aktivitas fungsional tubuh. Penurunan tersebut dapat membuat pengguna narkoba merasa lebih tenang, tidur sampai tidak sadarkan diri. Kemungkinan terburuknya jika kelebihan dosis adalah kematian.
  3.    Stimulan yang ditimbulkan ialah merangsang fungsi tubuh, meningkatkan kesadaran dan kegairahan. Beberapa stimulan tersebut didapat dari kandungan narkoba seperti kafein, amphetamin, kokain dan lain-lain.
Akibat Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Fisik
  1. Reproduksi, Menyebabkan perubahan periode menstruasi, amenorhoe, menstruasi tidak teratur serta menurunkan fungsi hormon reproduksi seperti testosteron, progesteron dan esterogen. 
  2. Paru-Paru, Mengalami penekanan pada fungsi pernapasan, kesulitan bernafas dan pengerasan terhadap jaringan paru-paru.
  3. kulit, Menimbulkan abses, eksim dan alergi.
  4. Jantung dan Peredaran Darah, Infeksi akut pada otot jantung serta gangguan peredaran darah.
  5. Mual-muntah, sakit kepala, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan susah tidur.
  6. Sistem Syaraf, dapat berakibat kejang-kejang, kerusakan syaraf tepi, halusinasi dan gangguan kesadaran.
  7. Bagi pemakai lewaat jarum suntik maka berpotensi terjangkit penyakit menular seperti hepatitis hingga HIV.
  8. Kematian.
Akibat Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Psikis
  1. Perasaan tidak aman, menyakiti diri sendiri sampai bunuh diri.
  2. Agiatif, tingkah laku berubah menjadi brutal.
  3. Sukar berkonsentrasi, tertekan, mudah marah.
  4. Kerja lamban, ceroboh dan tergesa-gesa.
  5. Hilangnya kepercayaan diri, pengkhayal, curigaan, apatis.
   Tidak peduli siapa pun anda, tidak ada alasan bagi anda untuk memulai atau melanjutkan menggunakan narkoba. Entah itu pengguna ataupun tidak, mulai detik ini mari kita katakan tidak pada narkoba. Jangan takut untuk menolak keras dan menyatakan perang terhadap penyalahgunaan barang haram ini sebab kita punya segudang amunisi untuk dijadikan alasan mengapa kita harus menjauhi narkoba.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Dampak Negatif dan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Kesehatan"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)