Inilah Gejala Awal Kehamilan yang Harus Anda Ketahui

   
   Gejala Awal Kehamilan - Bagi sepasang kekasih baru menikah, kehadiran buah hati begitu ditunggu-tunggu ditengah kehidupan mereka. Keinginan tersebut tidak hanya mereka rasakan sendiri namun juga cukup dirasakan oleh calon kakek dan nenek sang cabang bayi. Tidak peduli dengan segala kesulitannya, masa kehamilan menjadi sebuah kado tersendiri bagi setiap wanita untuk suaminya.

   Tidak jarang pertanyaan mendasar pun mulai bermunculan sebagai langkah antisipasi bila sewaktu-waktu kado tersebut benar-benar telah disimpan didalam rahim bunda. Dibalik kesibukan suami yang sedang banting tulang bekerja, disisi lain sang istri sibuk mencari berbagai Informasi menjelang kehamilannya. Informasi umum paling mendasar yang sering muncul dibenak calon ibu adalah bagaimana gejala awal kehamilan. Pertanyaan ini cukup lazim terlontarkan bagi pasangan yang sudah tidak sabar mendapat momongan.

   Mengenai pertanyaan diatas, tentu bukanlah hal yang sulit jika untuk sekedar memastikan sebuah kehamilan. Metode untuk memastikannya pun cukup beragam diantaranya menunggu keterlambatan haid dan menggunakan test pack. Meskipun akurat, ketahuilah bahwa test pack hanya akan menunjukan hasil positif ketika usia kehamilan sudah menginjak beberapa minggu dan disinilah letak permasalahannya. Bagi calon ibu yang sudah tidak sabar mengabarkan kabar gembira kepada suaminya, waktu tersebut terasa terlalu lama untuk ditunggu.

Baca Juga : Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Kanduungan di Awal Usia Kehamilan
  
Nah, atas permasalahan tersebut, untuk itulah artikel ini dibuat yakni sebagai bahan informasi kepada anda yang ingin mengetahui lebih awal gejala-gejala kehamilan.

Cara Mudah Mengenali Gejala Awal Kehamilan Sejak Minggu Pertama

Morning Sickness

   Di Indonesia, gejala morning sickness lebih dikenal dengan sebutan mual dan muntah. Seperti yang sudah kita ketahui, mual dan muntah merupakan gejala umum dalam menunjukan suatu kehamilan. Hampir semua kasus kehamilan dipastikan akan menemui kondisi semcam ini. Munculnya rasa mual dan muntah tidak lain diakibatkan oleh perubahan hormon HCG human chorionic gonadotrophin didalam tubuh.

Mudah Lelah

   Poin ke dua untuk mengenali gejala awal kehamilan adalah dengan melihat reaksi alami tubuh yang mulai mudah lelah. Kenapa demikian? berikut penjelasannya.Saat terjadi kehamilan maka disaat itu juga tubuh banyak mengalami perubahan terutama dalam proses metabolisme. Ketika sistem metabolisme mulai berubah, otomatis tubuh pun akan menyesuaikan diri terhadap perubahan tersebut. Apa penyebab perubahan pada sistem metabolisme ini? alasannya dikarenakan adanya pertumbuhan janin.

Sering Buang Air Kecil

   Masih berhubungan dengan poin kedua diatas, wanita yang mulai mengalami kehamilan memang akan kencing lebih sering ketimbang sebelumnya. Penyebab utamanya adalah karena pertumbuhan janin didalam rahim. Seiring berjalannya waktu, janin akan terus membesar sehingga dapat menimbulkan tekanan pada kandung kemih. kondisi penekanan inilah menjadi penyebab kenapa wanita hamil terlalu sering buang air kecil.

Payudara Membengkak dan Sensitif

   Sebelum terjadi pertumbuhan janin, wanita hamil akan melewati fase dimana terjadinya pembuahan. Ketika fase ini berlangsung, hormon progesteron dan estrogen akan mengalami peningkatan secara drastis. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari efek yang ditimbulkan yakni pembesaran dibagian payudara. Tidak hanya itu, sensitivitas pada area puting akan meningkat terbukti wanita hamil pasti merasa nyeri saat area tersebut tersentuh. Anda sedikit kesulitan membedakan kedua gejala ini sebab ketika menstruasi pun gejala tersebut sering dirasakan.

Kram Abdomen dan Flek



   Berselang sekitar 8-10 hari pasca ovulasi atau pembuahan, perut pada wanita hamil akan terasa flek dan kram. Gejala ini cukup familiar dan hampir sama dirasakan ketika menstruasi, hanya saja yang membedakannya adalah durasi dan keparahan rasa sakit. Meskipun dikatakan hampir sama, gejala ini merupakan salah satu ciri terkuat memastikan kehamilan.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Inilah Gejala Awal Kehamilan yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)