Berikut Gejala Penyakit Sipilis yang Wajib Anda Ketahui

  
   Gejala Penyakit Sipilis - Sipilis merupakan salah satu dari sekian banyak peyakit infeksi menular seksual. Penularan atau penyebaran infeksi penyakit ini adalah melalui hubungan seksual dengan seseorang yang sudah lebih dulu terinfeksi. Resiko kemungkinan sipilis dapat ditekan sekecil mungkin selama kita tidak melakukan hubungan seks bebas. Bagaimana pun jenis seks anda, entah itu seks anal, oral maupun vagina, resiko penularan sipilis tetap sama besarnya. Berhubungan intim dengan satu pasangan yang sudah resmi adalah pilihan terbaik bagi anda jika memang tidak ingin tertular sipilis.

   Sipilis sendiri disebarkan oleh bakteri yang dikenal dengan nama Treponema Pallidum. Bakteri jenis Inilah yang menjadi tersangka utama penyebab sipilis. Tidak puas dengan hanya menularkan sipilis melalui hubungan seksual, bakteri treponema juga memperluas rute penyebarannya lewat pajanan cairan tubuh terutama darah. Seperti halnya HIV, sipilis pun dapat ditularkan melalui berbagai jarum suntik seperti penggunaan narkoba suntik sampai "maaf" penikmat seni rajah tubuh tato dan tindik. Lebih parahnya lagi, janin yang masih didalam kandungan ibundanya pun tidak luput dari penularan bakteri penyebab sipilis ini. 

   Sebelum masuk lebih lanjut ke pembahasan gejala sipilis, mungkin tidak ada salahnya jika saya ajak anda untuk melihat riwayat perjalanan sipilis di masa lampau. Pada tahun 1999, sipilis ditaksir telah menginfeksi setidaknya hampir 12 juta orang dari seluruh penduduk dunia ketika itu. Tahukah anda bahwa lebih dari 90% kasus diantaranya terjadi di negara berkembang termasuk Indonesia. Bagaimana dengan tahun ini? kita setuju, remaja indonesia semakin rentan terhadap penyakit menular tidak terkecuali sipilis. Gaya hidup ekstream seperti seks bebas, narkoba, tindik, tato dan sebagainya adalah beberapa alasan kenapa sipilis meningkat pesat di kehidupan modern seperti sekarang ini.

   Kebanyakan dari penderita sipilis tidak mengetahui bahwa mereka positif mengidap penyakit yang menyerang alat kelamin ini. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? kurangnya edukasi serta minimnya pengetahuan mengenai gejala penyakit sipilis adalah salah satu penyebabnya. Padahal, sejak gejala sipilis baru menginjak tahap awal pun nyatanya penyakit ini sudah menunjukan gejala yang jelas. Namun, karena penyakit sipilis dianggap sebagai aib, tidak jarang penderitanya memilih pura-pura tidak tahu dengan kondisi yang dia alami.

  Seharusnya, hal seperti ini tidak bisa menjadi alasan seseorang untuk tidak menindak lanjuti penyakit sipilis. Segala macam penyakit tidak baik jika dibiarkan terlalu lama, maka dari itu konsultasikan kondisi anda dengan tenaga medis berkompeten sesegera mungkin. Malu? saya tekankan, tidak ada dokter yang membuka privasi pasiennya. Jadi, hilangkan perasaan demikian.

   Terlepas ada atau tidaknya kemungkinan sipilis menimpa kita, tidak ada yang dirugikan apabila anda menyempatkan diri untuk membaca mengenai gejala sipilis ini. Toh, dengan mengetahui terlebih dahulu, kita bisa memberikan penanganan lebih cepat ketimbang tidak tahu sama sekali. Baiklah tanpa harus berlama-lama lagi, mari kita kenali apa saja gejala sipilis sesuai tahap-tahapannya. Gejala awal sipilis dimulai dari 3 minggu semenjak pertama kali bakteri treponema merangsek masuk ke dalam tubuh. Selama bakteri berkembang, penderita sipilis akan melewati setidaknya 4 tahapan utama. Apa saja? berikut diantaranya.

Gejala Sipilis Berdasarkan 4 Tahapan perkembangannya


Sipilis Primer

   Pada tahapan ini, penderita sipilis akan mengalami gejala yang cukup jelas yakni luka atau lesi di bagian alat kelamin bahkan bagian dalam mulut. Luka tersebut diketahui berbentuk persis seperti gigitan serangga. Meskipun demikian, luka untuk tahapan sipilis primer sama sekali tidak menyebabkan rasa sakit. Kemunculan luka hanya akan bertahan tidak lebih dari 1-2 bulan, sampai pada akhirnya, luka tersebut sembuh tanpa meninggalkan jejak. Walaupun begitu, sipilis primer akan sangat mudah menular ke pasangan seksual.

Sipilis Sekunder

   Melanjutkan gejala diatas, sipilis sekunder akan menunjukkan gejala berupa ruam merah menyerupai koin kecil. Tidak seperti primer yang langsung menyerang alat kelamin, kemunculan ruam merah pada sekunder akan ditemukan pada bagian telapak tangan dan kaki. Biasanya, gejala ini disertai dengan demam, nafsu makan menurun, kutil kelamin dan radang tenggorokan. Bertahan lebih lama dibandingkan dengan gejala sipilis primer, fase sipilis sekunder dapat bertahan selama satu sampai 3 bulan lamanya.

Sipilis Laten

   Jika diperhatikan, gejala pada penyakit sipilis hampir sama sifatnya dengan penyakit DBD. Kenapa? karena ketika penyakit DBD mulai menyerang maka ada satu fase dimana penderita tidak mengalami gejala apa-apa dan hal ini juga berlaku dengan penyakit sipilis. Setelah fase sekunder diatas lewat dan menghilang, kini giliran sipilis laten menunjukkan gejalanya. Untuk mengenali gejalanya adalah anda tidak melihat gejala apapun pada diri anda. Jangan kira sipilis sudah sembuh dengan sendirinya sebab tahap ini merupakan awal dari akibat sipilis yang sebenarnya. Khusus tahap laten, anda diberi cuti selama dua tahun untuk menyembuhkan penyakit sipilis.

Sipilis Tersier



  Seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa pada tahap laten kita masih diberi kesempatan untuk menyembuhkan sipilis selama dua tahun. Apabila kesempatan ini tidak digunakan sebaik mungkin maka sipilis dipastikan akan berkembang menuju ke tahap akhir yakni sipilis tersier. Sesuai janjinya, sipilis akan menimbulkan beberapa akibat yang sebenarnya terhadap tubuh kita seperti kebutaan, kelumpuhan, gangguan pendengaran, impotensi, demensia dan kemungkinan terburuk adalah kematian. Meskipun telah menunjukan gejala yang serius, pada tahapan ini sipilis masih bisa diobati walaupun sedikit agak susah.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Berikut Gejala Penyakit Sipilis yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)