Inilah 5 Manfaat Donor Darah yang Mungkin Belum Anda Ketahui


   Manfaat Donor Darah - Sudah menjadi kodrat kita sebagai umat manusia untuk saling tolong menolong sesamanya. Bentuk solidaritas semacam ini tidak harus ditunjukkan dalam bentuk materi namun juga bisa melalui tindakan. Salah satu tindakan tersebut adalah dengan cara mendonorkan darah kita kepada yang membutuhkan. Bisa dibilang, ini merupakan kewajiban kita sebagai indivdu yang sehat untuk membantu mereka yang tengah berjuang menunggu bantuan. Meskipun darah yang kita donorkan tidak tahu akan di berikan untuk siapa, yang pasti siapapun penerimanya, dia adalah saudara kita. Terdengar seperti sebuah anjuran? tidak, ini hanya untuk sekedar mengingatkan diri kita agar bisa menumbuhkan rasa saling sayang satu sama lain. Terus memberikan bantuan sesuai kemampuan adalah makna hidup sebenarnya.

   Tindakan mulia seperti donor darah, tidak hanya bukti wujud kepedulian kita terhadap sesama, namun juga bisa menjadi salah satu upaya kita untuk menjalani hidup sehat. Yup, hal ini semakin menekankan bahwa sifat simbiosis mutualisme tidak bisa kita lepaskan dalam diri kita. Tidak ada yang dirugikan saat proses kemanusiaan ini berlangsung selama pendonor berniat membantu dengan sukarela. Walaupun dalam keadaan terpaksa sekalipun, manfaat donor darah tidak bisa anda hindari. Jadi, jangan pernah ragu mendonorkan darah anda jika memang memungkinkan. Ketika satu jiwa terselamatkan lewat aksi anda, itu artinya anda siap merasakan hidup lebih sehat dan berkualitas dari sebelumnya. Pribahasa "menyelam sambil minum air" mungkin cocok untuk mengungkapkan manfaat yang dituai oleh para pendonor.

   Darah merupakan salah satu elemen penting bagi keberlangsungan hidup seseorang. Maka dari itu, darah sangat di buru terutama dalam keadaan genting. Beberapa situasi yang mengharuskan seseorang mendapatkan transfusi darah adalah penderita talasemia mayor, pasien DBD, Pendarahan ketika persalinan hingga kecelakaan yang menghabiskan banyak darah. Dari beberapa masalah tersebut, kita akan membahas sedikit mengenai talasemia mayor. Talasemia Mayor merupakan penyakit yang menyebabkan tubuh penderita tidak bisa memproduksi haemoglobin. Bagi penderita penyakit tersebut, transfusi darah secara berkala sangat perlu dilakukan karena talasemia disebut-sebut sebagai penyakit seumur hidup. Biasanya, talasemia telah diderita sejak masa kanak-kanak bahkan sejak lahir sekalipun. Disinilah peran kita untuk berkontribusi memberikan bantuan.

   Donor darah tidak harus menunggu adanya penerima sebab kita tidak pernah tahu kapan darah tersebut diperlukan. Mengingat angka kecelakaan, penyakit, serta bencana alam masih begitu tinggi di Indonesia. Setidaknya, kita telah membantu menyiapkan stok bila sewaktu-waktu darah mendadak dibutuhkan. Lalu apa saja manfaat donor darah terhadap kesehatan kita sebagai pendonor? berikut ulasannya untuk anda.

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Pendonor

1. Menurunkan Risiko Kanker

   Tekan resiko kanker sekecil mungkin dengan cara mendonorkan darah anda. Tetaplah konsisten mendonorkan darah anda secara berkala. Kenapa? karena darah tidak ubahnya seperti ilmu yang tidak akan habis ketika dibagi namun akan sangat bermanfaat terhadap pemberi dan penerimanya. Apabila anda seorang pria, lakukanlah kegiatan bernilai ibadah ini setiap 3 bulan sekali. Sedangkan bagi wanita, anda dapat mendonor darah anda setiap 4 bulan sekali. Jika anda bisa melakukan hal tersebut maka kemungkinan kanker lambung, paru, tenggorokan dan usus besar bisa anda hindari.

2. Melindungi Jantung

   Percayakah anda bahwa aktivitas donor darah dapat meningkatkan kualitas kesehatan jantung anda? Penelitian menyatakan bahwa pendonor darah yang rutin dengan aktivitas ini cendrung memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Pernyataan tersebut dibeberkan langsung oleh American Journal of Epidemology. Mereka mengatakan, hampir 88% resiko penyakit jantung bisa ditekan dengan mendonor darah secara berkala. Bukan hanya itu, mereka menambahkan juga bahwa resiko penyakit kardiovaskuler bisa dikurangi sebanyak 33 %. Saya kira anda tidak akan berpikir ulang lagi ketika akan mendonorkan darah.

3. Pembaharuan Sel-sel Darah

   Proses regenerasi sel dalam darah merupakan suatu proses yang normal terjadi didalam tubuh. Regenerasi tersebut diperlukan untuk memperbaharui sel darah sehingga dapat meningkatkan fungsi setiap organ didalam tubuh. Namun proses alami tubuh ini tidaklah sama dengan seseorang yang melakukan donor darah. Para pelakon donor darah, mereka memiliki siklus regenerasi sel lebih baik dibandingkan dengan tidak pernah donor darah sekalipun. Mendonorkan darah secara konsisten akan terjadi 48 jam setelah donor darah dilakukan. Selama proses ini, volume darah akan diganti dengan darah yang baru. Selain membantu regenerasi sel darah merah, donor darah pun dapat membantu kulit teregenerasi secara sempurna. Kondisi ini tentu dapat menghidari anda dari kemungkinan penuaan dini.

4. Menurunkan Level  Zat Besi dalam Darah

   Sebenarnya pada poin ini sangat erat kaitannya dengan manfaat donor darah pada poin pertama dan dua diatas, mari kita bahas lebih lanjut. Ketika seseoarng mendonorkan darahnya, hal ini terbukti dapat menurunkan level iron didalam tubuh. Iron sendiri ialah zat besi yang ada di dalam sirkulasi darah setiap orang. Saat iron atau zat besi ini menurun, itu artinya resiko penyakit jantung dan kardiovaskuler bisa dikurangi. Inilah alasan kenapa saya katakan poin 4 saling berkaitan dengan poin satu dan dua. Diketahui, zat besi dapat mempercepat proses oksidasi kolestrol didalam tubuh. Proses ini berdampak buruk terhadap arteri sehingga memicu terjadinya ateroklerosis.

5. Membakar Kalori

   Setelah fokus pada manfaat donor darah bagi kesehatan, sekarang kita beralih untuk melihat manfaat lain donor darah dari segi kecantikan. Tubuh ideal adalah keinginan mutlak bagi kebanyakan wanita, tidak jarang mereka akan melakukan apapun untuk mewujudkan keinginan tersebut seperti diet ekstrim misalnya. Tapi pernahkan terpikirkan untuk mewujudkan impian anda melalui donor darah? Universitas of California membeberkan bahwa seseorang yang aktif mendonorkan darahnya akan dengan mudah mengurangi berat tubuh sesuai dengan yang diharapkan. Setiap kali anda donor darah, tubuh anda akan membakar 650 kalori sekaligus. Bagaimana cukup efektif bukan?



Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Inilah 5 Manfaat Donor Darah yang Mungkin Belum Anda Ketahui"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)