Inilah Tips Agar Otak Menjadi Lebih Pintar

   
   
   Tips agar otak jadi pintar - Meskipun setiap individu memiliki IQ yang berbeda-beda, saya yakin di balik perbedaan tersebut pasti menyimpan kemampuan yang berbeda pula. Jika benar demikian, lalu kenapa masih banyak orang yang tidak yakin dengan kemampuannya? hal ini terjadi karena kita terlalu terpengaruh oleh lingkungan sekitar. Tidak perlu jauh-jauh, contoh terdekatnya bisa kita rasakan di dalam keluarga kita sendiri dan hal ini cukup sering saya rasakan.

    Berdasarkan pengalaman pribadi, saya dibesarkan oleh sosok ayah yang begitu peduli akan dunia pendidikan terutama pendidikan anaknya. Tentu sikap tersebut ditunjukkan agar bisa menjamin masa depan sang buah hati. Tidak dapat dipungkiri, saya merasa terbebani dengan sikap tersebut sebab orang tua saya terlalu menuntut saya untuk bisa dalam segala hal termasuk mengikuti seluruh pelajaran disekolah. Padahal kita tahu bahwa tuhan menciptakan makhluknya dengan kemampuan dan kelebihan yang berbeda-beda satu sama lain.

    Jika di ibaratkan burung, saya tentu tidak akan bisa berenang didalam air begitu pula sebaliknya. Akan tetapi kondisi pendidikan di Indonesia mengharuskan saya untuk menguasai apapun yang disuguhkan di sekolah. Ketika saya dipaksa untuk berenang maka bukan tidak mungkin saya akan kehilangan kemampuan terbang saya. Inilah masalah umum yang dialami oleh hampir kebanyakan anak di Indonesia.

    Apabila kita mau sedikit belajar pada sosok Einstein, mungkin kita akan sedikit memahami apa yang saya maksud. Kemampuan Einstein tidak diragukan lagi dalam perkembangan sains di Dunia. Beliau merupakan salah satu penemu besar yang berhasil menemukan banyak teori salah satu yang paling kita kenal adalah teori relativitas.

    Tapi, dibalik kemampuan Einstein diatas tahukah anda bahwa Einstein pernah tidak naik kelas?. Melihat berbagai penemuannya, saya kira penyebabnya tidak mungkin karena kebodohan. Diketahui, masa kecil Einstein begitu menonjol dibandingkan dengan teman sebayanya. Penonojolan ini tidak lepas dari kemampuan Einstein menguasai pelajaran Matematika dan Fisika. Namun sangat disayangkan, Einstein gagal dalam pelajarannya yang lain sehingga membuat dirinya harus tinggal kelas.

   Pengalaman Einstein setidaknya menekankan kepada kita generasi muda bahwa untuk menjadi sosok yang pintar dan besar kita tidak harus menguasai segala hal karena percayalah kemampuan, bidang dan dunia kita telah disediakan oleh tuhan sesuai kemampuan kita. Mengingat kita telah dilahirkan di tanah air Indonesia, mau tidak mau kita pun harus mengikuti sistem yang ada. Bagaimana jika kita tidak punya keahlian dibidang lain? Meski sulit kita masih bisa menghadapinya dengan cara rajin mengasah kemampuan otak.

   Baiklah, setelah terlalu larut mencurahkan kegelisahan kita diatas, sekarang tiba saatnya bagi kita untuk mengetahui apa saja upaya yang bisa kita lakukan agar kita bisa dianggap pintar oleh orang tua kita masing-masing, sekaligus membuktikan bahwa kita tidak kalah pintar dengan teman-teman yang lain.

Inilah 5 Tips Agar Otak Menjadi Pintar

Mengasah dan Melatih Otak

   Demikian halnya olahraga pada tubuh, otak kita juga perlu diberikan latihan untuk menjaga kesegarannya. Otak yang kurang dilatih atau diasah akan berpotensi menyebabkan sel-sel pada otak mengalami kematian sehingga hal tersebut berimbas pada kesulitan dalam berpikir. Banyak metode untuk melatih otak diantaranya dengan cara mengisi teka-teki silang, game sudoku sampai kombinasi kata dan angka. Selain itu, poleslah otak dengan cara sering membaca berbagai informasi. Sebagai pelengkapnya, pecahkan soal kasus pada matematika agar otak senantiasa terjaga vitalitasnya.

Meningkatkan Memori Ingatan

   Kecerdasan dan kepintaran sering kali dianggap bertolak ukur pada tingkat kemampuan ingatan seseorang. Atas dasar ini, cobalah tingkatkan kemampuan ingatan anda dengan berbagai cara. Setiap orang tentu punya cara tersendiri dalam mengingat maupun menghapal. Maka dari itu temukan tekhnik mengingat anda secara efektif dan bersiaplah karena otak anda akan di isi oleh banyak ilmu. Apabila anda menemukan kesulitan selama pencarian tekhnik tersebut, silahkan mainkan game yang berhubungan erat dengan ingatan semisal tebak gambar.

Tidur dan Istirahat Cukup

   Setelah seharian berfikir dengan begitu keras, otak berhak mendapatkan haknya untuk di istirahatkan. Tidur merupakan cara terbaik untuk mengembalikan fungsi otak lebih optimal. Ketika tubuh mendapat istirahat cukup lewat tidur maka otak pun akan lebih rileks selepas bangun tidur sehingga kita dapat berfikiir secara jernih. Terlebih lagi kalau kita merupakan seorang pelajar, tentu tidur sudah menjadi kewajiban sebelum memulai kuliah keesokan harinya.

Mencatat Hal Baru

   Ubah kebiasaan anda di sekolah atau pun kampus. Jangan lagi hanya duduk mendengar namun catatlah apapun yang baru anda ketahui. Ketika kita hanya mendengar dosen atau guru menerangkan, hal ini ditakutkan akan membuat penjelasan tersebut berubah menjadi dongeng sehingga otomatis kita akan mengantuk dengan sendirinya. Semakin lama kita merubah kebiasaan buruk tersebut maka bisa dijamin kita akan menjadi seseorang yang tidak berkembang.

Menjaga Asupan Otak



   Selain bergantung pada kecukupan tidur, fungsi otak juga dipengaruhi oleh asupan. Di beberapa negara eropa sudah begitu tahu akan hal ini. Bahkan mereka mulai menjaga asupan semenjak buah hati masih dalam kandungan. Mereka percaya, mengkonsumsi makanan sembarrangan dapat membuat otak terkontaminasi sehingga kemampuannya pun perlahan menurun. Untuk meningkatkan kinerja dan fungsi otak kita diharuskan mengkonsumsi makanan tinggi omega 3 seperti ikan dan telur.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Inilah Tips Agar Otak Menjadi Lebih Pintar"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)